Jokowi Minta Joe Biden Hentikan Perang di Gaza: Saya Pastikan Dicatat

Senin, 20 November 2023 - 10:23 WIB
loading...
Jokowi Minta Joe Biden Hentikan Perang di Gaza: Saya Pastikan Dicatat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melepas bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (20/11/2023). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku menemui Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC dan pada KTT APEC di San Francisco beberapa waktu lalu.

Dalam dua pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menekankan kepada Presiden Biden untuk ikut serta menghentikan peperangan di Gaza. Jokowi juga mengharapkan agar akses pengiriman bantuan ke Gaza dapat dipermudah.

"Saya menyampaikan secara langsung pentingnya kekejaman di Gaza dihentikan, yang kedua gencatan senjata segera dilakukan dan yang ketiga perang segera disetop, serta yang keempat, bantuan kemanusiaan harus dipermudah untuk bisa masuk ke Gaza, di Gedung Putih itu yang saya sampaikan, di APEC juga itu saya sampaikan secara tegas," ujar Jokowi dalam keterangannya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023).

Usai menyampaikan hal tersebut, kata Jokowi, Presiden Biden tidak langsung menanggapi. Menurutnya, usulan yang disampaikan tersebut telah dicatat oleh Presiden Biden.

"Artinya, mungkin masih ditampung jadi pemikiran. Saya kira dari apa yang kami sampaikan pasti dapat, saya pastikan dicatat, menjadi catatan," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin 13 November 2023.

Dalam pertemuan tatap muka antara kedua pemimpin negara tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan agar kemitraan kedua negara dapat berkontribusi terhadap perdamaian global.

“Indonesia berharap agar kemitraan kita dapat berkontribusi terhadap perdamaian dan kemakmuran regional dan juga global,” ucap Jokowi kepada Biden.



Oleh karenanya, Presiden Jokowi mengajak Presiden Biden untuk turut menghentikan konflik dan kekejaman yang terjadi di Gaza.

“Hal ini merupakan sebuah hal yang sangat menyakitkan bagi umat manusia,” kata Jokowi.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)