3 Panglima TNI Kelahiran Jawa Timur di Era Pemerintahan Presiden Jokowi, Salah Satunya Peraih Adhi Makayasa

Kamis, 09 November 2023 - 17:29 WIB
loading...
3 Panglima TNI Kelahiran Jawa Timur di Era Pemerintahan Presiden Jokowi, Salah Satunya Peraih Adhi Makayasa
Ada sejumlah nama Panglima TNI kelahiran Jawa Timur di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya adalah Laksamana TNI Yudo Margono. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah nama Panglima TNI kelahiran Jawa Timur di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya adalah peraih Adhi Makayasa Akmil.

Panglima TNI merupakan jabatan tertinggi dalam Tentara Nasional Indonesia. Bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia, posisi ini biasa ditempati seorang perwira tinggi (Pati) TNI bintang empat.

Sejak Joko Widodo (Jokowi) menjadi Presiden RI pada 2014, tercatat ada sejumlah nama Panglima TNI yang menjabat. Melihat daftarnya, beberapa di antaranya diketahui berasal dari Jawa Timur. Siapa sajakah mereka?

Panglima TNI Kelahiran Jawa Timur di Era Presiden Jokowi


1. Jenderal TNI (Purn) Moeldoko

3 Panglima TNI Kelahiran Jawa Timur di Era Pemerintahan Presiden Jokowi, Salah Satunya Peraih Adhi Makayasa


Jenderal TNI (Purn) Moeldoko merupakan salah seorang purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini, ia mengemban tugas sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.



Pada riwayatnya, Moeldoko lahir di Kediri, Jawa Timur pada 8 Juli 1957. Berasal dari latar belakang keluarga petani, ia adalah anak bungsu dari 12 bersaudara.

Pasca menyelesaikan pendidikan menengah, Moeldoko memilih masuk ke Akademi Militer (Akmil). Menjalani pendidikan, ia berhasil lulus pada 1981 dengan predikat lulusan terbaik serta berhak atas penghargaan Adhi Makayasa.

Kiprahnya di militer pun terbilang moncer. Sepanjang kariernya, ada banyak posisi strategis yang ditempatinya.

Antara lain seperti Pangdam XII/Tanjungpura (2010), Pangdam III/Siliwangi (2010-2011) hingga Kepala Staf TNI Angkatan Darat (2013). Tak sampai disitu saja, puncak karier militernya didapat ketika ditunjuk menjadi Panglima TNI periode 2013-2015.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)