Jalan Tol Gibran di Dunia Politik Indonesia, dari Wali Kota Kini Bersiap jadi Cawapres

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 12:48 WIB
loading...
Jalan Tol Gibran di Dunia Politik Indonesia, dari Wali Kota Kini Bersiap jadi Cawapres
Gibran Rakabuming Raka resmi diusung Partai Golkar untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Sabtu (21/10/2023). Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka resmi diusung Partai Golkar untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Sabtu (21/10/2023). Gibran merupakan Wali Kota Solo aktif saat ini.

Gibran sukses maju sebagai Wali Kota Solo dalam Pilkada Serentak 9 Desember 2020. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini berpasangan dengan Teguh Prakosa.


Dalam kariernya, suami dari Selvi Ananda Gibran sebenarnya berlatar belakang pengusaha kuliner, di antaranya katering. Bisnis katering ini dijalankan Gibran sejak masih bujang.

Ia juga memiliki usaha kuliner lain yang cukup dikenal publik. Saat maju Pilkda, Gibran memiliki harta Rp21,1 miliar, berdasarkan data yang dilansir elhkpn.kpk.go.id.

Keputusan Gibran terjun ke dunia politik pada tahun 2020 tergolong mulus. Gimana tidak, ia berhasil memenangkan Pilkada Solo. Bahkan Gibran mencetak sejarah sebagai wali kota termuda pada usia 33 tahun.

Saat maju Pilkada, pasangan Gibran-Teguh diusung oleh PDIP dan didukung Partai Perindo, Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, PSI, PPP, PKB, dan Partai NasDem.



Kini, kesuksesan di Kota Solo sepertinya ingin dicoba Gibran di kancah politik nasional. Setelah namanya tiba-tiba digadang-gadang sebagai bacapres, pintu ikut kontestasi Pilpres 2024 kini terbuka lebar setelah Partai Golkar mengusungnya.

Akses "jalan tol" yang dilalui Gibran ini dari Solo menuju Jakarta juga tak lepas dari "dukungan" Mahkamah Konstitusi (MK). Lewat putusannya yang menuai polemik, MK memperbolehkan kepala daerah maju sebagai capres maupun cawapres meskipun usianya masih di bawah 40 tahun sebagaimana batas usia minimal capres dan cawapres.

Dikutip dari laman Prokompim Surakarta, Gibran merupakan kelahiran 1 Oktober 1987. Artinya, usianya saat ini baru menginjak 36 tahun
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)