Haul ke-52 KH Abdul Wahab Chasbullah, Puluhan Ribu Jamaah Hadir Masjid Istiqlal

Minggu, 15 Oktober 2023 - 14:23 WIB
loading...
Haul ke-52 KH Abdul Wahab Chasbullah, Puluhan Ribu Jamaah Hadir Masjid Istiqlal
Haul ke-52 KH Abdul Wahab Chasbullah dihadiri puluhan ribu jemaah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (15/10/2023). Turut hadir dalam acara ini Wapres KH Maruf Amin berserta istri. Foto: MPI/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Haul ke-52 KH Abdul Wahab Chasbullah dihadiri puluhan ribu jemaah di Masjid Istiqlal , Jakarta, Minggu (15/10/2023). Ribuan jemaah Nahdlatul Ulama (NU) memenuhi ruangan Masjid Istiqlal dengan dress code berwarna putih.

KH Abdul Wahab Chasbullah merupakan salah satu pahlawan serta ulama yang berkontribusi besar dalam kemerdekaan Indonesia. KH Abdul Wahab Chasbullah juga inisiator serta salah satu pendiri sekaligus penggerak NU.

Turut hadir dalam acara ini Wapres KH Maruf Amin berserta istri, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Habib Jindan bin Novel, para Dzurriyah (Keturunan Langsung) Kyai Wahab, para pengurus dan santri pondok pesantren di Jakarta, hingga masyarakat umum.



Putra KH Abdul Wahab Chasbullah, KH Hasib Wahab, mengatakan bahwa haul ini merupakan tradisi atau bentuk rasa cinta para santi dalam memperingati, mengenang, serta mendoakan para ulama dan syuhada atas jasa, pemikiran, serta perjuangan mereka.

"Gaungnya untuk alumni atau santri sangat menjadi perhatian karena KH Wahab ini sosok tokoh ulama dan pejuang serta dalam sejarahnya banyak perlu diteladani oleh generasi muda," ujar KH Hasib Wahab.

Dia berharap haul ini akan terus dilakukan guna mengingatkan kembali bagaimana, siapa KH Wahab yang memiliki perjuangannya luar biasa terhadap kemerdekaan Indonesia. Sekaligus memperkenalkan kepada generasi penerus atau muda agar dapat mengetahui dengan adanya sejarah KH Abdul Wahab.

Baca Juga: KH Abdul Wahab Dianugerahi Pahlawan Penghargaan Buat NU

"Sehingga bisa menjadi suatu motivasi supaya generasi muda bisa semangat berjuang seperti KH Wahab dalam membela Islam, tanah air, bangsa dan memperjuangkan masyarakat Indonesia menjadi makmur"ucapnya.

Acara ini sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam. Bagi Wapres Maruf Amin, KH Abdul Wahab Chasbullah merupakan seorang pewaris Nabi Muhammad SAW.

"Kita juga punya seorang pewaris Nabi, bahwa KH Wahab pewaris Nabi yang melanjutkan perjuangan Rasulullah. Bagi saya KH Abdul wahab itu seorang mengerti hukum Islam, bukan hanya masalah-masalah ibadah tapi juga persoalan bangsa,"kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2535 seconds (0.1#10.140)