Jokowi Minta Kementerian LHK Contoh Swedia dan Finlandia

Rabu, 02 Agustus 2017 - 11:33 WIB
Jokowi Minta Kementerian LHK Contoh Swedia dan Finlandia
Jokowi Minta Kementerian LHK Contoh Swedia dan Finlandia
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2017 dan peresmian Landmark Hutan Indonesia di Plaza Ir Soedjono Soerjo, Manggala Wana Bhakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2017).

Dalam acara itu, Jokowi ‎mengingatkan rencana Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang bakal dilaksanakan hari ini mengenai strategi pengelolaan hutan.

‎"Saya ingin menitipkan beberapa pesan yang nanti bisa dijadikan pemikiran kita bersama‎," kata Jokowi di Kementerian LHK, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Jokowi menuturkan, perlu ada strategi besar pembangunan hutan yang memiliki dimensi ekonomi dan lingkungan. ‎Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengharapkan koreksi besar terhadap pengelolaan hutan.

Dia meminta ada terobosan baru, dan menanggalkan pola rutinitas dan monoton dalam mengelola hutan di Indonesia.

Jokowi meminta semua pihak mencontoh pembangunan Hutan yang dilakukan Swedia dan Finlandia. Menurut dia, ‎Sektor ekonomi di dua negara tersebut sebesar 70-80 persen dari hasil pengelolaan hutan yang baik.

Maka itu, cara yang diterapkan di Swedia dan Finlandia bisa dicontoh di Indonesia dengan menyesuaikan kondisi hutan di dalam negeri.‎ "Kirim dari kementerian LHK melihat bagaimana apengelolaan hutan berjalan bersama-sama ekonominya, dapat pengelolaan hutan juga dapat," ujarnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8990 seconds (0.1#10.140)