Menteri PANRB Ungkap Presiden Jokowi Ingin Birokrasi yang Lebih Efektif

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 22:14 WIB
loading...
Menteri PANRB Ungkap Presiden Jokowi Ingin Birokrasi yang Lebih Efektif
Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin mewujudkan birokasi yang lebih efektif di tengah perkembangan digital saat ini. Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas.

"Saat ini Pemerintah memiliki banyak sekali aplikasi yang mungkin satu dan yang lain tidak saling terintegerasi dan terinteroperabilitas," kata Menteri PANRB saat menghadiri Peruri Conference and Exhibition 2023, Kamis 5 Oktober 2023.

Dalam kegiatan dengan tema Public Services Reimagined: GovTech Solutions for a Better Tomorrow tersebut, Menteri PANRB mengatakan, saat ini Pemerintah sedang mempersiapkan Perpres untuk memperkuat akselerasi dan tata kelola, yang juga melibatkan kementerian-kementerian koordinator.

"Pemerintah akan menugaskan BUMN dalam hal ini Peruri sebagai GovTech Indonesia yang akan menjadi tumpuan masa depan dalam percepatan transformasi digital," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) yang diwakili oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan Peruri telah sukses bertransformasi.

"Kami berharap Pemerintah segera menunjuk Peruri yang juga berperan sebagai agency karena seluruh modalnya dimiliki oleh pemerintah dan bisnisnya berbasis penugasan," jelasnya.

"SPBE ini akan ada banyak yang terlibat, tugas Peruri adalah membangun ekosistem digital dengan mengajak beberapa stakeholders terkait, dan Peruri adalah penggerak ekonomi digital dan penguasaan teknologi," tambahnya.

Sementara Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya mengatakan, kegiatan tersebut akan memiliki dampak positif terhadap penyelenggaraan tata kelola negara menjadi lebih efektif, transparan, dan cepat yang berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan pemerintah terhadap publik.

"Pemanfaatan teknologi dalam fungsi pemerintahan akan membawa manfaat besar di antaranya penghematan biaya, peningkatan penyediaan layanan, pengambilan keputusan berdasarkan data, yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi berkelanjutan," tutup Dwina Septiani.

Untuk diketahui, Peruri menggelar acara Conference and Exhibition ini sebagai rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Peruri. Acara ini diselenggarakan di Balai Subono Mantofani, Kantor Peruri Jakarta pada Kamis-Sabtu, 5-7 Oktober 2023 yang diikuti oleh Kementerian dan Lembaga, BUMN, Perusahaan Teknologi, Startup, serta perusahaan yang telah dikurasi sebagai inovator yang mumpuni dan memiliki terobosan dalam layanan publik dan GovTech di dunia.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)