Hasil Survei Capres Cawapres 2024, Ridwan Kamil Bisa Dongkrak Suara Ganjar Pranowo di Jawa Barat?

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 16:15 WIB
loading...
Hasil Survei Capres Cawapres 2024, Ridwan Kamil Bisa Dongkrak Suara Ganjar Pranowo di Jawa Barat?
Ridwan Kamil. Foto/MPI/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024 sedang mempertimbangkan calon wakil presidennya (cawapres) dengan mengindikasikan bahwa salah satu opsi adalah orang Sunda. Nama Ridwan Kamil , mantan Gubernur Jawa Barat, menjadi pertimbangan serius berdasarkan hasil survei yang menunjukkan elektabilitasnya yang tinggi khususnya di Jawa Barat.

Hasil jajak pendapat dari Lembaga survei Indikator Politik Indonesia telah mengungkapkan dua nama yang dinilai pantas sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024.

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menduduki posisi teratas dengan angka 16,9 persen. Sementara, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, berada di posisi kedua dengan nilai 16,3 persen.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyatakan bahwa publik menganggap keduanya pantas menjadi pendamping Ganjar Pranowo. Namun, apakah pilihan publik akan diikuti oleh elite politik masih menjadi pertanyaan yang belum terjawab.

Ridwan Kamil menyatakan kesiapannya untuk maju dalam pemilihan umum (pemilu) presiden dan wakil presiden jika dianggap sebagai panggilan takdir. Hal ini merupakan respons terhadap hasil survei dari Indikator Politik Indonesia yang menempatkannya sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang paling sesuai untuk mendampingi Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024.

Ridwan Kamil, yang akrab disapa Kang Emil, menganggap hasil survei tersebut sebagai akumulasi dari kerja kerasnya selama mengabdi kepada masyarakat, baik sebagai Gubernur Jawa Barat maupun Wali Kota Bandung.

Meskipun menjadi cawapres yang potensial, Ridwan Kamil menekankan bahwa keputusan akhir masih berada di tangan pimpinan partai politik, yang akan mempertimbangkan perjodohan terbaik untuk ke depannya. Ia mengirimkan doa untuk kebaikan masyarakat Indonesia dan berharap pasangan capres dan cawapres terbaik akan muncul untuk para pemilih pada tahun depan.

Ridwan Kamil juga mencatat bahwa hasil survei menunjukkan dukungan kuat dari masyarakat muslim dan warga Nahdlatul Ulama (NU) kepada dirinya. Hal ini dapat dihubungkan dengan sejarah hidupnya sebagai cucu dari KH. Muhyiddin, seorang tokoh NU dari Jawa Barat.

Selama masa jabatannya sebagai gubernur, Kang Emil memiliki program-program yang berkaitan langsung dengan masyarakat muslim, termasuk warga NU. Program seperti "One Pesantren One Product" dan "Satu Desa Satu Hafiz" mencerminkan komitmennya terhadap masalah keagamaan dan umat Islam.

Ridwan Kamil: Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024 Paling Butuh Suara Jawa Barat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3265 seconds (0.1#10.140)