Ganjar Pranowo Unggul dalam Berbagai Citra Personal yang Disukai Masyarakat Jatim

Senin, 02 Oktober 2023 - 17:36 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Unggul dalam Berbagai Citra Personal yang Disukai Masyarakat Jatim
Bakal Calon Presiden 2024 Ganjar Pranowo. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Presiden 2024 Ganjar Pranowo unggul dalam berbagai jenis citra positif yang disukai masyarakat Jatim dalam survei Indikator, 14-20 September 2023. Survei yang dirilis pada Sabtu, (30/9/2023) tersebut, menunjukkan Ganjar unggul dalam lima dari enam kategori sifat kepemimpinan yang disukai masyarakat Jatim, dibanding Prabowo maupun Anies.

Dalam rilis lembaga survei yang dipimpin oleh Burhanudin Muhtadi tersebut, dalam pengantarnya, Jatim dipilih sebagai sampel karena provinsi tersebut memiliki daya tarik tersendiri dalam Pemilu maupun Pilpres 2024 . Adanya realita Jawa Timur sebagai basis dari salah satu organisasi agama Islam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama (NU), menjadi kiblat penting untuk melihat bagaimana perilaku politik beserta arah dukungan masyarakat Jawa Timur di Pilpres 2024 .

Survei yang dilakukan di Jatim dari tanggal 14-20 September ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 1810 orang. Populasi sampel yang dipilih dari survei tersebut merupakan Warga Negara Indonesia di Jawa Timur yang sudah berumur 17 tahun atau sudah memiliki hak pilih pada Pemilu 2024.

Dalam survei tersebut, Indikator memetakan kategori sifat yang harus dimiliki oleh calon Presiden 2024. Dari berbagai pilihan kategori yang ada, sifat jujur/bersih dari korupsi menjadi opsi favorit bagi masyarakat Jatim dalam menentukan karakter utama pemimpinnya. Hampir 45,3 persen responden memilih opsi tersebut sebagai pertimbangan utamanya.

Sifat jujur/bersih dari korupsi menurut masyarakat Jatim diikuti oleh sifat-sifat yang ada dalam seorang seorang calon presiden 2024 lainnya seperti perhatian pada rakyat di angka 27,9 persen, tegas dengan angka 9,6 persen, berwibawa dengan angka 6,1 persen, taat beragama dengan 3,9 %, dan pintar sebanyak 2,6 persen.

Ganjar Dominan dalam Berbagai Citra Positif


Para responden yang merupakan masyarakat Jatim tersebut menunjukkan Ganjar unggul dalam enam kategori citra positif pemimpin diikuti oleh Prabowo dengan satu kategori dan Anies tidak satu pun. Citra Ganjar sendiri ditunjukkan positif sebagai pemimpin yang perhatian pada rakyat, jujur/bersih dari korupsi, taat beragama, dan mampu memimpin Indonesia.

Pada hasil survei indikator tersebut, mantan Gubernur Jawa Tengah menurut masyarakat Jatim merupakan sosok yang perhatian pada rakyat dengan persentase sebesar 88,3 persen, meninggalkan jauh Prabowo di 72,9 persen dan Anies di 56,3 persen. Secara track-record, Ganjar dikenal dekat dan suka berbaur dengan wong cilik.

Kemudian pada kategori jujur dan bersih dari korupsi, Ganjar unggul dengan raihan 81,2 persen mengalahkan kompetitor lainnya di angka 70,5 persen untuk Prabowo dan 54,4 persen untuk Anies. Komitmen Ganjar yang berulang kali ia utarakan bahwa ketika menjadi Presiden 2024 nanti ia akan memperkuat KPK, menjadi modal kuat mengapa ia dinilai cocok menjadi sosok presiden menurut masyarakat Jatim.

Selain itu, ayah dari Alam Ganjar tersebut juga unggul tipis sebagai pemimpin yang pintar dan berpendidikan dengan persentase sebesar 89,7 persen, yang diikuti oleh Prabowo sebesar 86,1 persen, dan Anies sebesar 82 persen.

Pada kategori religius dan taat beragama, Ganjar unggul dengan raihan angka sebesar 76,2 persen dibanding calon presiden lainnya yaitu Anies sebesar 65,3 persen dan Prabowo sebesar 65 persen. Hasil ini berkaitan langsung dengan safari politik yang dilakukan Ganjar, kala ia melakukan sowan kepada berbagai ulama maupun kyai khususnya dari NU.

Selanjutnya pada kategori mampu memimpin Indonesia, atau yang krusial bisa disebut dengan cocok untuk menjadi Presiden, Ganjar memperoleh hasil sebesar 79,7 persen meninggalkan Prabowo di angka 70,8 persen dan Anies sebesar 48,5 persen.

Ganjar hanya kalah dengan Prabowo di kategori tegas dan berwibawa. Prabowo meraih persentase sebesar 89,4 persen, sedangkan Ganjar sebesar 85,6 persen, dan Anies sebesar 58 persen. Unggulnya Prabowo dalam kategori ini, bagi masyarakat Jatim kurang lebih tak terlepas dari latar belakang Prabowo yang merupakan seorang militer.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)