Kejaksaan Pertahankan Predikat Lembaga Penegak Hukum Paling Dipercaya Publik

Sabtu, 30 September 2023 - 17:25 WIB
loading...
Kejaksaan Pertahankan Predikat Lembaga Penegak Hukum Paling Dipercaya Publik
Kejagung menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya masyarakat dibanding institusi hukum lainnya berdasarkan survei terbaru Indikator Politik Indonesia. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kejaksaan Agung ( Kejagung ) menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya masyarakat dibanding institusi hukum lainnya. Tingkat kepercayaan terhadap Kejagung pada survei terbaru Indikator Politik Indonesia, mencapai 76%.

Temuan ini didapat Indikator Politik Indonesia usai melakukan survei pada 25 Agustus hingga 3 September 2023, menempatkan 1.200 responden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95%.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Rizka Halida mengungkapkan, tingginya tingkat kepercayaan publik berhasil dipertahankan Kejaksaan Agung, tetap menjadikan Korps Adhyaksa sebagai lembaga penegak hukum paling dipercaya publik.



"Ada 76% responden yang percaya kerja Kejaksaan Agung dalam penegakan hukum," kata Rizka Halida saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Swing Voters, Efek Sosialisasi dan Tren Elektoral Jelang Pilpres 2024’ secara virtual, Sabtu (30/9/2023).

Adapun di posisi kedua, Rizka melanjutkan, berdasarkan temuan survei ditempati pengadilan dengan 73%. Lalu, Polri dengan 72%. Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berada di belakang Polri dengan 71%.

Jika disandingkan dengan lembaga negara lainnya, Kejaksaan Agung di era Jaksa Agung ST Burhanuddin berada di peringkat ketiga dengan 76%. Posisi teratas ditempati TNI dengan 93%, dan disusul presiden 91%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)