Bibit Siklon Tropis 90W Terdeteksi di Laut China Selatan, Waspada Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi

Senin, 25 September 2023 - 09:01 WIB
loading...
Bibit Siklon Tropis 90W Terdeteksi di Laut China Selatan, Waspada Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta mendeteksi Bibit Siklon Tropis 90W di LCS. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta mendeteksi Bibit Siklon Tropis 90W di Laut China Selatan (LCS).

“Bibit Siklon Tropis 90W terpantau di Laut China Selatan, tepatnya di sekitar 15.0 derajat Lintang Utara dan 113.6 derajat Bujur Timur, dengan kecepatan angin maksimum 15 knots dan tekanan udara minimum sebesar 1003 mb bergerak ke arah Barat,” ujar BMKG dalam keterangan resminya, Senin (25/9/2023).



BMKG mengatakan potensi Bibit Siklon ini tumbuh menjadi Siklon Tropis dalam kategori rendah. “Potensi Bibit Siklon Tropis 90W untuk tumbuh menjadi Siklon Tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori rendah.”

Namun, BMKG mengimbau adanya dampak tidak langsung berupa hujan dan gelombang tinggi di sekitar wilayah Indonesia bagian barat. Khususnya, di Aceh, Riau, dan Kepulauan Riau.

“Dampak Bibit Siklon Tropis 90W yakni hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di Aceh, Riau, Kepulauan Riau,” katanya.



Selain itu, BMKG juga mengimbau dampak Bibit Siklon Tropis 90W ini yaitu gelombang laut dengan tinggi 1.25 hingga 2.5 meter di laut Natuna Utara, Perairan utara Kepulauan Anambas, dan Perairan utara Kepulauan Natuna.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6942 seconds (0.1#10.140)