Hadiri Rakernas Relawan Seknas, Jokowi Ungkap Sukses di Dunia Usaha dan Politik

Sabtu, 16 September 2023 - 14:27 WIB
loading...
Hadiri Rakernas Relawan Seknas, Jokowi Ungkap Sukses di Dunia Usaha dan Politik
Presiden Jokowi menyebut kepercayaan adalah kunci sukses dirinya di dunia usaha dan politik. FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE SETPRES
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Relawan Seknas Jokowi di Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/9/2023). Dalam acara itu, Jokowi menceritakan pengalamannya di dunia usaha hingga masuk ke politik.

"Saya mungkin mau menarik, bercerita dari apa yang saya bangun mungkin dengan sebuah pola pikir yang berbeda," kata Jokowi dalam sambutannya.

Menurut Jokowi, ia membangun usaha dari nol. Namun ia meyakini bahwa yang terpenting dalam merintis usaha adalah membangun kepercayaan orang lain.



"Dimulai betul-betul dari kosong betul dari nol, yang saya bangun saat itu hanya satu kepercayaan, trush, nggak ada yang lain, saya nggak punya apa-apa. Orang Solo pasti tahu, berangkat saya dari mana," ujar Jokowi.

Ketika kepercayaan sudah terbangun, Jokowi mendapatkan kemudahan dalam membeli bahan baku, bahkan tanpa membayar terlebih dahulu.

"Orang mau membeli bahan bakunya pada saya, meminjamkan, orang mau memberikan bahan penolongnya kepada saya tanpa membayar dulu, yang saya bangun kepercayaan," ucapnya.

Setelah itu, Jokowi membawa kepercayaannya saat terjun ke dunia politik. Walaupun membangun kepercayaan itu sulit, tapi dia percaya bahwa dengan kerja keras bisa membangun itu semua.



"Membangun karir politik juga yang saya bangun trush, public trush, kepercayaan, orang mau mempercayai saya karena memang orang melihat timnya bekerja, kakinya bekerja, dan emang kalau melihat dari dulu sampai sekarang seperti ini nggak berubah," kata Jokowi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)