Ganjar Ungkap Pesan Orang Tua: Jabatan Nggak Boleh Direbut, Kalau Takdir Laksanakan dengan Baik

Sabtu, 02 September 2023 - 04:16 WIB
loading...
Ganjar Ungkap Pesan Orang Tua: Jabatan Nggak Boleh Direbut, Kalau Takdir Laksanakan dengan Baik
Bakal capres Ganjar Pranowo saat bersilaturahmi dengan jajaran pengurus Keuskupan Agung Semarang, Jumat (1/9/2023). FOTO/MPI/ACHMAD AL FIQRI
A A A
JAKARTA - Bakal calon presiden (capres) yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo mengungkapkan ajaran orang tuanya terkait kepemimpinan. Salah satu pesannya adalah tidak boleh merebut sebuah jabatan.

"Bapak ibu saya selalu mengajarkan saya, pokoknya kalau jabatan itu jangan pernah kamu rebut. Tetapi kalau itu takdirmu, itu harus kamu laksanakan dengan baik, enggak boleh direbut," kata Ganjar saat bersilaturahmi dengan jajaran pengurus Keuskupan Agung Semarang, Jumat (1/9/2023).

Ganjar yang memiliki karakter merakyat dan family man itu mengaku mengaplikasikan ajaran orang tuanya itu. Pada Pilgub Jateng 2013 silam, ia mengaku tak terbesit untuk mendaftar.



"Saya dulu pendaftar nomor 23. Jadi sudah 22 pendaftar tuh, ngantre di partai saya, PDIP, pengen jadi gubernur. Iki Ganjar sopo?" ucap Ganjar sambil berguyon.

Tingkat keterpilihan Ganjar itu hanya 7%. Ganjar pesimistis bisa diusung oleh partainya. Apalagi, pengusungan Gubernur Jateng saat itu harus melalui serangkaian tes.

"Di tes meneh, pakai psikotest. Wah serius tenan. Saya ingat ada beberapa tokoh, wah stres kabeh, tetapi masih bercanda. Ya saya tidak tahu lah kenapa, kemudian saya yang ditunjuk," tutur Ganjar.

Hingga akhirnya, Ganjar mengaku tak menyangka dirinya mendapat rekomendasi dari PDIP untuk maju dalam Pilgub 2013. Saat itu, ia merasa bingung mencari pendampingnya.

"Kira-kira suasananya kayak hari ini, semua nyari wakil hehehe," kata Ganjar diikuti tertawa para peserta yang hadir.



"Saya akhirnya meyakini bahwa memimpin itu yang menderita. Jadi kalau memimpin itu sudah berpikir kesenangan, menurut saya itu kegagalan pertama," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)