Muktamar Sufi Internasional 2023, Ganjar Puji Jokowi Jaga Perdamaian Indonesia

Selasa, 29 Agustus 2023 - 15:03 WIB
loading...
Muktamar Sufi Internasional 2023, Ganjar Puji Jokowi Jaga Perdamaian Indonesia
Presiden Jokowi menggandeng Habib Luthfi, disusul Ganjar Pranowo dan Mensesneg Pratikno menggandeng Prabowo Subianto saat turun dari panggung Muktamar Sufi Internasional 2023 di Pekalongan, Jateng, Selasa (29/8/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Bakal calon presiden (capres) yang didukung Partai Perindo Ganjar Pranowo memuji Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terus berupaya menjaga perdamaian dalam keragaman. Hal itu terbukti dengan terselenggaranya acara Mukmatar Sufi Internasional 2023 di Sahid International Convention Center, Pekalongan, Jawa Tengah.

Hal itu dikatakan Ganjar dalam pidatonya di hadapan Jokowi. Ia juga memuji Habib Luthfi sebagai penyelenggara acara ini.

"Dan tentu selain peran Habib Luthfi, dan tentu saja terlaksananya acara ini juga berkat peran besar dari Bapak Presiden Joko Widodo dalam rangka menjaga perdamaian dalam keragaman yang hidup di Indonesia," kata Ganjar, Selasa (29/8/2023).



Ganjar mengaku senang karena Muktamar Sufi Internasional ternyata tak hanya mediskusikan tentang keagaman, tetapi ada juga membahas ekonomi, pendidikan, dan lainnya. Acara ini akan berlangsung hingga Kamis (31/8/2023).

"Kalau membaca runutan sidang komisi yang akan dilakukan, rasa-rasanya ini persis dengan spirit yang dibangun kita semuanya, yaitu mengoptimalkan dunia pendidikan, perekonomian sebagai pertahanan untuk menangkal radikalisme," katanya.

Di sisi lain, Ganjar berharap ulama Sufi mancanegara ini yang telah menginjakan kaki di Tanah Air agar menumbuhkan cinta terhadap negeri ini. Menurutnya, acara ini sangat berdampak positif terhadap masyarakat Indonesia atau mancanegara.



"Maka kepada seluruh ulama sufi yang hadir, tentu saja kami mohon tolong betul sebar dan tinggalkanlah cinta di tanah kami, di tanah Jawa, di Indonesia agar kami bisa hidup di masa kini maupun masa yang akan datang. InsyaAllah pertemuan ini akan membawa berkah bagi rakyat indonesia dan masyarakat dunia," ujar Ganjar.

Untuk diketahui, Muktamar Sufi Internasional 2023 merupakan acara kedua yang diselenggarakan di Pekalongan, Jawa Tengah. Ratusan ulama Sufi dari berbagai negara turut hadir dalam acara itu.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3254 seconds (0.1#10.140)