Mengolok-olok Surat Al Maidah, Ada Motif Apa Ahok?

Sabtu, 25 Februari 2017 - 14:01 WIB
Mengolok-olok Surat Al Maidah, Ada Motif Apa Ahok?
Mengolok-olok Surat Al Maidah, Ada Motif Apa Ahok?
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri lantaran diduga mengolok-olok Surat Al Maidah 51. Ahok juga sekarang menjadi terdakwa dalam kasus yang sama.

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno ‎berharap Polri mendalami laporan tersebut untuk mengetahui motif yang sebenarnya.

‎"Polisi harus bertindak cepat untuk mengantisipasi gelombang protes yang lebih besar seperti Aksi Bela Islam yang dilakukan beberapa kali‎," ujar Adi saat dihubungi SINDOnews, Sabtu (25/2/2017).

Di luar proses hukum, kata Adi, seharusnya Ahok menahan diri untuk tidak menjadikan Al Maidah sebagai bahan guyonan, apalagi dilakukan saat rapat dengan anak buahnya. (Baca: Dinilai Mengolok-olok Surat Al Maidah, Ahok Kembali Dilaporkan ke Bareskrim )

"Bukan semata ia tak otoritatif menjadikan Al Maidah sebagai lelucon, namun lebih pada persoalan ayat Alquran (Al Maidah) cukup sensitif di kalangan Islam," tuturnya.

Selain itu, Adi menilai seharusnya Calon Gubernur Petahana DKI Jakarta itu juga memahami kondisi psikologis umat yang dianggap selalu memegang teguh yang dianggap sakral.

Tak hanya itu, Ahok juga diminta paham bahwa di dalam sejarah Islam pernah terjadi peperangan karena diakibatkan perbedaan pandangan.

"Apalagi Ahok non Muslim tentu ucapannya akan memancing reaksi umat. Suasana kebatinan inilah yang seharusnya dipahami Ahok. Jika ini dianggap sebatas lelucon (joke) tanpa maksud menistakan agama, tentu lelucon ini tak menarik," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7007 seconds (0.1#10.140)