Yordania Sambut Baik Mobile Clinic Baznas untuk Pengungsi Palestina

Rabu, 16 Agustus 2023 - 18:37 WIB
loading...
Yordania Sambut Baik Mobile Clinic Baznas untuk Pengungsi Palestina
Baznas bersama Jordan Hashemite Charity Organization (JHCO) dan Jordan Medical Aid for Palestinians (JMAP) melakukan kolaborasi. Foto/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) bersama Jordan Hashemite Charity Organization (JHCO) dan Jordan Medical Aid for Palestinians (JMAP) melakukan kolaborasi. Khususnya terkait peningkatan layanan kesehatan gratis melalui Mobile Clinic atau mobil ambulans keliling kepada ribuan pengungsi Palestina di Yordania.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan antar ketiga pihak yang dilakukan baik secara daring maupun luring di Gedung Baznas, Jakarta Pusat, Rabu (16/8/2023).

Executive Director Jordan Medical Aid for Palestinians (JMAP), Maha Al Saqqa mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan masyarakat Indonesia melalui Baznas. Ia berharap mobile clinic ini dapat membantu para pengungsi Palestina di Yordania untuk mendapatkan layanan kesehatan secara gratis.

"Terima kasih kepada Bapak Dubes, Baznas, dan masyarakat Indonesia yang tercinta atas semua bantuan dan dukungan terus-menerus terhadap bantuan medis untuk pengungsian Palestina di Yordania," katanya.



Senada dengan Secretary Jordan Hashemite Charity Organization (JHCO), Hussein Al Shebli mengatakan, bantuan ini menjadi bukti adanya hubungan yang erat antara Kerajaan Yordania dan Indonesia selama lebih dari 70 tahun. Terutama Indonesia dan Yordania memiliki semangat dan posisi yang sama dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina.

"Kami banyak berterima kasih kepada Baznas melalui kerja sama proyek kesehatan dan bantuan operasional untuk camp pengungsian Palestina di Yordania. Mobile Clinic ini akan memberikan bantuan kepada 10.000 pengungsi Palestina yang ada di Yordania," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Baznas, Mokhamad Mahdum mengatakan, hal ini menjadi kali pertamanya menyalurkan layanan mobile clinic kepada pengungsi Palestina di Yordania.

Nantinya, mobil itu dapat digunakan untuk memeriksa kesehatan dan mendapatkan pengobatan dari tenaga medis secara gratis.

"Mobile clinic baru pertama kali, kita menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Hari ini yang dibutuhkan adalah yang terkait dengan kedaruratan dan pelayanan kesehatan," jelas Mahdum.

Selain itu, Baznas juga turut memberikan bantuan senilai Rp2,1 Miliar untuk operasional layanan mobile clinic selama dua tahun. Dengan demikian dia berharap bantuan ini dapat mengatasi penderitaaan ribuan pengungsi Palestina yang berada di Yordania.

"Harapan kami tentu mengurangi penderitaan teman-teman Palestina kalau ada yang mengungsi perlu ke rumah sakit maka mobil ini bisa digunakan. Mobil ini bisa berguna untuk pengobatan darurat jadi kalau sifatnya darurat bisa berobat di mobil," tuturnya.

Sebagai informasi, layanan mobile clinic atau ambulans keliling ini akan melayani setidaknya 10.000 lebih pengungsi Palestina yang ada di Yordania. Terutama bagi pengungsi Palestina di Yordania yang masuk ke negara Yordania sampai Tepi Barat wilayah Palestina.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)