Masyarakat Bisa Nonton HUT ke-78 RI di Monas, Partai Perindo: Bagus Perkuat Nasionalisme

Selasa, 15 Agustus 2023 - 08:58 WIB
loading...
Masyarakat Bisa Nonton HUT ke-78 RI di Monas, Partai Perindo: Bagus Perkuat Nasionalisme
Ketua DPP Partai Perindo Bidang Sosial Yerry Tawalujan menanggapi positif dibukanya kesempatan untuk masyarakat menyaksikan rangkaian acara HUT ke-78 RI dari Monas. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Partai Perindo Bidang Sosial Yerry Tawalujan menanggapi positif dibukanya kesempatan untuk masyarakat menyaksikan rangkaian acara HUT ke-78 R I dari Monas. Menurutnya, ini penting untuk memupuk semangat nasionalisme rakyat.

"Masyarakat bisa nonton langsung rangkaian acara HUT ke-78 RI dari Monas, itu bagus sekali untuk perkuat semangat nasionalisme rakyat," ujar Yerry kepada wartawan, Senin (14/8/2023).



Menurut politisi Partai Perindo yang akan maju sebagai Caleg DPR RI dari Dapil Sulawesi Utara ini, acara peringatan HUT RI setiap 17 Agustus harusnya dipakai sebagai momentum pembangkit semangat nasionalisme. Juga sebagai pembelajaran sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa khususnya bagi generasi milenial dan Gen-Z.

Idealnya sepanjang bulan Agustus itu dipakai sebagai bulan kemerdekaan dan diisi acara-acara khusus yang bertema perjuangan kemerdekaan. Acaranya dikemas sesuai selera anak muda untuk menjangkau generasi milenial dan Gen-Z.

"Supaya kalangan milenial itu ditanamkan semangat perjuangan kemerdekaan, semangat persatuan dan nasionalisme," jelas Yerry.

Rangkaian acara HUT RI, lanjut Yerry, jangan hanya terfokus pada upacara bendera setiap 17 Agustus. Tetapi minimal selama satu minggu perlu digalakkan lagi lomba-lomba yang bertemakan kemerdekaan. Hal ini dilakukan dari tingkat RT, RW, dan kelurahan.

"Sekarang saya lihat makin kurang lomba-lomba menyambut HUT Kemerdekaan RI. Kalau dulu ramai sekali. Dari lomba makan kerupuk, lari karung, tarik tambang, sampai lomba panjat pinang. Sekarang makin berkurang lomba seperti itu," ungkapnya.

"Di era digital seperti ini, saya pikir perlu pikirkan cara menanamkan rasa cinta Tanah Air lewat rangkaian acara HUT RI kepada kaum milenial lewat teknologi digital. Supaya Gen-Z tetap mewarisi semangat kemerdekaan dan nasionalisme," pungkas Yerry.

Diketahui, masyarakat bisa mengikuti upacaraHUT RIdari Monas, Jakarta Pusat pada 17 Agustus 2023. Hal ini dikatakan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)