Anggota DPR Apresiasi Cara Pangdam V Brawijaya Tangkal Hoaks

Kamis, 10 Agustus 2023 - 10:10 WIB
loading...
Anggota DPR Apresiasi Cara Pangdam V Brawijaya Tangkal Hoaks
Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono. Foto/Dok/DPR
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengapresiasi Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf terkait program penanganan informasi hoaks. Program ini dinilai mampu menjaga stabilitas dan kondusivitas keamanan masyarakat menjelang tahun politik.

Selain itu juga, kata Dave, langkah Mayjen Farid Makruf mengoptimalkan peran Babinsa di tengah masyarakat. "Ini sebuah inisiatif yang baik, dengan memanfaatkan anggota kodam yang tersebar diseluruh wilayahnya," kata Dave, Kamis (10/8/2023).

Menurut dia, program ini dapat mewujudkan tugas pokok dan fungsi babinsa TNI dalam mencegah segala bentuk ancaman keamanan. Maka upaya Kodam V Brawijaya perlu menjadi contoh bagi seluruh Kodam.

"Tentunya peran babinsa juga semakin kuat dalam menjaga stabilitas keamanan di tengah masyarakat. Ini sudah menjadi bagian dari transformasi digital kodam," ucap politisi Partai Golkar ini.

Dalam program ini para babinsa di Kodam V Brawijaya akan menyebarkan berita-berita positif secara masif dan menangkal berita palsu atau hoaks yang beredar di masyarakat. Acara peluncuran program Babinsa Duta Informasi Positif Indonesia tersebut pertama dilakukan di Malang, Jawa Timur, Jumat (14/7).

"Memang peluncuran program ini bertujuan untuk menyebarkan informasi positif kepada masyarakat guna mengatasi berita-berita negatif dan hoaks," ujar Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf dalam rilis Pendam V Brawijaya saat itu.

Mendekati masa Pemilu 2024 nanti akan banyak pihak tak bertanggung jawab. Untuk itu, Program Babinsa Duta Informasi Positif Indonesia sebagai langkah untuk membantu pemerintah menyebarkan berita-berita positif supaya kondisi masyarakat terus aman dan kondusif.

Program ini pun bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengonsumsi dan menyebarkan informasi yang akurat dan positif dalam membangun citra bangsa di dunia digital.

"Dalam era yang semakin terhubung melalui internet, kita harus berperan aktif dalam menyebarkan informasi yang bermanfaat dan positif. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam memperbaiki persepsi tentang Indonesia di mata dunia," ucapnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)