Sambut HUT RI, Presiden Jokowi Gelar Zikir dan Doa Kebangsaan di Istana

Selasa, 01 Agustus 2023 - 20:38 WIB
loading...
Sambut HUT RI, Presiden Jokowi Gelar Zikir dan Doa Kebangsaan di Istana
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar zikir dan doa kebangsaan. Kegiatan ini dilakukan di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (1/8/2023). Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar zikir dan doa kebangsaan. Kegiatan ini dilakukan di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Sebelum memasuki area zikir dan doa, nampak Presiden Jokowi dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berjalan bareng, didampingi para ulama, kiai, dan beberapa tokoh agama lain.

Terlihat Jokowi memakai jas berwarna abu-abu, sarung hijau dengan kopiah hitam. Sedangkan Wapres memakai baju koko putih dengan sarung putih dan kopiah hitam.

Beberapa tokoh hadir yakni Habib Luthfi bin Yahya, KSP Moeldoko, KH Munif Zuhri, KH Musthofa Aqil Siradj dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Diagendakan Wapres Ma'ruf akan memberikan tausiah pada zikir dan doa kebangsaan yang dihadiri ribuan masyarakat tersebut.

Zikir dan doa bersama menjadi bagian dari rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pemerintah juga melaksanakan serangkaian kegiatan yang akan digelar pada Agustus 2023. Rangkaian kegiatan tersebut mengusung tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.

Rangkaian kegiatan bulan kemerdekaan diawali dengan zikir dan doa kebangsaan yang akan digelar di halaman depan Istana Merdeka.

Agenda selanjutnya adalah Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan yang akan dilaksanakan pada 14 Agustus dilanjutkan dengan Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada 15 Agustus.

Kemudian pada 16 Agustus akan ada rangkaian acara kenegaraan yang setiap tahun dilaksanakan, yaitu Pidato Kenegaraan dan Pidato Penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2024. Rangkaian acara ini akan bertempat di Gedung MPR/DPR/DPD RI.

Kemudian pada 17 Agustus dini hari akan dilaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata yang dilanjutkan dengan acara inti upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di pagi hari dan upacara penurunan bendera Merah Putih di sore hari.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0929 seconds (0.1#10.140)