Silaturahmi di Tanah Merah, Anies Jelaskan Alasannya Terbitkan IMB Kawasan

Jum'at, 14 Juli 2023 - 13:30 WIB
loading...
Silaturahmi di Tanah Merah, Anies Jelaskan Alasannya Terbitkan IMB Kawasan
Bakal capres Anies Baswedan memberikan penjelasan terkait kebijakannya menerbitkan IMB Kawasan bagi masyarakat di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara. Foto/MPI/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Bakal calon Presiden (capres) Anies Baswedan memberikan penjelasan terkait kebijakannya menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Kawasan bagi masyarakat di Kampung Tanah Merah , Jakarta Utara. Saat itu Anies masih menjabat Gubernur DKI Jakarta

"Jadi memang dengan masyarakat di sini dengan kami itu sudah dekat. Saya baru kembali dari haji. Dan saya ingin silahturahmi. Kemudian bersama masyarakat kita berkumpul hari ini. Dan saya tadi sampaikan kepada semua bahwa apa yang kita perjuangkan bersama memberikan rasa tenang, memberikan rasa keadilan," ungkap Anies usai silaturahmi di RW 08 Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Kota Jakarta Utara pada Jumat (14/7/2023) siang.

Anies mengatakan, Tanah Merah menjadi salah satu tonggak bagaimana pemerintah dapat memberikan rasa keadilan bagi masyarakat.


"Tempat ini kita tahu masih ada sengketa tentang kasus tanah. Tapi mereka membutuhkan air, membutuhkan listrik. Negara seperti kami saat bertugas di DKI Jakarta tidak bisa mendiamkan begitu saja. Mereka juga rakyat kita, dan mereka sudah tinggal di sini puluhan tahun," katanya.

Untuk itu saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, Anies memang menerbitkan IMB Kawasan sebagai wujud konkrit keberpihakan pemerintah daerah terhadap masyarakat miskin yang selama ini terpinggirkan.

"Kita membuat jalan tengah berupa IMB Kawasan. Dengan adanya IMB Kawasan tersebut maka mereka bisa mendapatkan akses air bersih, bisa mendapatkan akses kredit. Sehingga walaupun status tanahnya harus diselesaikan di pengadilan tapi kebutuhan dasarnya bisa terpenuhi," jelas Anies Baswedan.

Anies mengaku bersyukur bisa bersilahturahmi ke warga Kampung Tanah Merah Jakarta Utara pasca-pulang dari ibadah haji di Tanah Suci.

"Ini adalah salah satu contoh negara hadir secara serius mencari jalan keluar agar rakyat merasakan keadilan. Itu yang kita kerjakan di sini. Jadi kami bersyukur sekali hari ini bisa silahturahmi, sekarang di Tanah Merah, nanti habis ini kami ke Kampung Akuarium," tuturnya.

Meskipun silahturahmi yang dibuat merupakan inisiatif dari warga setempat, Anies mengaku memang memiliki hubungan spesial dengan warga Kampung Tanah Merah.

"Kampung ini dulu ketika saya menjadi calon, yang pertama kali datang ke rumah saya meminta saya untuk menjadi calon Gubernur. Lalu saya katakan yang bisa mencalonkan itu bukan saya, tapi partai politik, jadi kalau mau minta harus ngomong sama partai politik," kata Anies.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)