PPATK Bekukan 256 Rekening Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang

Kamis, 06 Juli 2023 - 08:15 WIB
loading...
PPATK Bekukan 256 Rekening Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang
Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana membekukan 256 rekening milik Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Panji Gumilang. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) membekukan 256 rekening milik Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Panji Gumilang . Pembekuan rekening Panji Gumilang itu dalam rangka pemeriksaan dan analisis tim PPATK.

"Iya dibekukan rekeningnya," ujar Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Kamis (6/7/2023).





Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membeberkan bahwa Panji Gumilang memiliki ratusan rekening di perbankan. Ratusan rekening Panji itu dibuat dengan enam nama yang berbeda.

"Ya memang, 256 rekening atas nama Abu Totok Panji Gumilang, Abdusalam Panji Gumilang. Nama dia itu enam, ada Abu Toto, Panji Gumilang, Abdussalam, pokoknya enamlah. Dari situ semua ada dari 256 rekening atas nama dia," ujar Mahfud saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu 5 Juli 2023.

Mahfud juga mengungkap bahwa ada sebanyak 33 rekening yang mengatasnamakan Ponpes Al Zaytun. Ratusan rekening milik Panji dan puluhan yang mengatasnamakan Ponpes Al Zaytun itu sedang dianalisis PPATK karena diduga ada transaksi yang mencurigakan.

Baca juga: Terungkap! Ponpes Al Zaytun Ternyata Bekas Yayasan NII

"Dan 33 rekening atas nama institusi, jadi 289. Ini sekarang sedang dianalisis dari sudut PPATK, apakah ada pencucian uang atau tidak. Secepatnya. Kalau ada mencurigakan makanya diambil oleh PPATK, sekarang sedang diambil oleh PPATK. Agak mencurigakan," jelas Mahfud.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)