Dicalonkan Jadi Presiden Meteorologi Dunia, Kepala BMKG Siap Adu Gagasan

Senin, 29 Mei 2023 - 14:07 WIB
loading...
Dicalonkan Jadi Presiden Meteorologi Dunia, Kepala BMKG Siap Adu Gagasan
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menegaskan dirinya siap adu gagasan. Hal ini terkait kursi Presiden Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) periode 2023-2027. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) Dwikorita Karnawati menegaskan dirinya siap adu gagasan. Hal ini terkait kursi Presiden Organisasi Meteorologi Dunia (World Meteorological Organization/WMO) periode 2023-2027.

Dwikorita menyebutkan, jika dirinya telah menyiapkan visi, misi, gagasan, dan strategi mengenai 'mau dibawa ke mana' WMO empat tahun mendatang.

Untuk diketahui, Dwikorita Karnawati dicalonkan sebagai Presiden WMO periode 2023-2027. Pemilihan Presiden WMO periode 2023-2027 sendiri akan dilaksanakan pada sidangthe nineteenth World Meteorological Congress (CG-19)yang akan diadakan pada 22 Mei–2 Juni 2023.



Presiden WMO akan dipilih berdasarkan suara terbanyak oleh Anggota WMO yang terdiri dari 187 negara dan 6 teritori. Selain pemilihan Presiden WMO, juga turut dipilih Sekretaris Jenderal dan Wakil Presiden WMO.

"Ada tiga misi utama yang menjadi fokus utama saya, jika dipercaya menjadi Presiden WMO periode mendatang. Pertama, adalah kesetaraan gender," kata Dwikorita dalam keterangan rilisnya, Senin (29/5/2023).

"Kedua, suistainability atau keberlanjutan. Dan, ketiga pengurangan kesenjangan (closing the gap) antara negara maju dan negara berkembang. Utamanya dalam hal infrastruktur kebencanaan," tambahnya.

Kaitannya dengan visi kesetaraan gender, Dwikorita memaparkan, ke depan WMO harus memiliki SDM yang lebih berimbang gender, serta kebijakan yang lebih baik untuk menangani disparitas gender.

"Selain itu, aksesbilitas yang sama terhadap informasi layanan cuaca dan iklim bagi perempuan dan laki-laki, serta memberdayakan kaum muda dan perempuan yang tedampak perubahan iklim," ucapnya.

Sementara itu lanjut Dwikorita, ke depan WMO juga perlu menjembatani kesenjangan antara negara berkembang dan negara maju dengan terus berupaya meningkatkan kapasitas negara berkembang dengan menginisiasi kerja sama antar negara dan berbagai pemangku kepentingan lainnnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)