Nasdem Anggap Elektabilitas Survei Bukan Patokan Kemenangan di Pilpres 2024

Rabu, 24 Mei 2023 - 19:56 WIB
loading...
Nasdem Anggap Elektabilitas Survei Bukan Patokan Kemenangan di Pilpres 2024
Politikus Partai Nasdem Taufik Basari menilai elektabiitas Anies Baswedan akan meningkat dalam perjalanan menuju Pilpres 2024. Foto/nasdem.id
A A A
JAKARTA - Partai Nasdem tak mau pusing soal tingkat keterpilihan atau elektabilitas Anies Baswedan yang masih di bawah Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Bagi Nasdem, elektabilitas bukanlah satuu-satunya faktr penentu kemenangan di Pilpres 2024.

"Itu tidak bisa kemudian menjadi patokan untuk memastikan bahwa hasil akhirnya akan seperti itu," kata Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari, merespons hasil survei Litbang Kompas pada Mei 2023 kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Kendati demikian, dia menghormati hasil kajian lembaga survei. Apa pun, hasil temuan survei tetap menjadi kajian bagi koalisi pengusung Anies. "Di samping tetap bekerja juga untuk memperkenalkan Pak Anies kepada masyarakat," ujarnya.



Taufik meyakini ke depan elektabilitas Anies bakal bisa melejit. Toh, saat ini juga belum masuk ke dalam tahapan-tahapan Pilpres 2024, di mana Anies bisa unggul atas Ganjar dan Prabowo.

"Survei-survei tersebut saya masih melihat sebagai sesuatu hal yang dinamis, yang bisa sangat berubah," pungkasnya.

Litbang Kompas mencatat elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024 unggul dalam simulasi tiga nama. Ganjar berada di pucuk klasemen disusul Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Berdasarkan hasil survei, Ganjar memperoleh dukungan 40%; sementara Prabowo 36,8%, dan Anies 23,2%.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)