3 Partai Politik yang Paling Banyak Tempatkan Gubernur Petahana

Senin, 22 Mei 2023 - 06:00 WIB
loading...
3 Partai Politik yang Paling Banyak Tempatkan Gubernur Petahana
Partai Golkar. PDIP, dan Partai Nasdem merupakan partai politik yang paling banyak menempatkan gubernur petahana. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menghadapi perhelatan akbar Pemilu 2024, kader partai politik yang menjabat gubernur dipandang ikut menentukan. Peran gubernur dianggap cukup signifikan untuk turut membantu kemenangan partai politik tempat mereka bernaung, kendati bakal digantikan pejabat sementara.

Partai Politik Penghasil Gubernur Petahana Terbanyak

Dari 18 partai politik nasional yang bakal berlaga pada Pemilu 2024, tiga di antaranya adalah pemegang kursi gubernur terbanyak. Berikut daftarnya.

Partai Golkar

3 Partai Politik yang Paling Banyak Tempatkan Gubernur Petahana

Foto/istimewa
Partai Golkar merupakan partai politik yang paling banyak menempatkan gubernur aktif. Partai berlambang pohon beringin ini punya enam kader atau anggota yang sedang menjabat gubernur, termasuk Ridwan Kamil yang baru saja berjaket kuning.

Lima gubernur asal Golkar lainnya yaitu Sahbirin Noor di Kalimantan Selatan, Ansar Ahmad di Kepulauan Riau, Arinal Djunaidi di Lampung, Rohidin Mersyah di Bengkulu dan Syamsuar di Riau.

Golkar juga menempatkan lima orang wakil gubernur. Mereka adalah Wakil Gubernur Sumetera Utara Musa Rajekshah, Wakil Gubernur Nusa Tengara Timur Josef Nae Soi, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan, Wakil Gubernur Kaalimantan Tengah Edy Pratowo, dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma'mun Amir.

PDIP

3 Partai Politik yang Paling Banyak Tempatkan Gubernur Petahana

Foto/istimewa
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) termasuk partai politik yang paling banyak menempatkan kadernya sebagai gubernur. Selain Ganjar Pranowo di Jawa Tengah yang telah dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) 2024, ada empat kader PDIP yang sedang menjabat gubernur.

Dari empat nama tersebut, ada Gubernur Maluku Murad Ismail baru saja dipecat PDIP. Tiga gubernur lain adalah Olly Dondokambey di Sulawesi Utara, Sugianto Sabran di Kalimantan Tengah, dan I Wayan Koster di Bali.

Selain gubernur, PDIP juga masih punya enam anggota yang masih menjabat sebagai wakil gubernur aktif. Mereka adalah Rosjonsyah Syahili di Bengkulu, Lukman Abunawas di Sulawesi Tenggara, Steven Kandouw di Sulawesi Utara, Al Yasin Ali di Maluku Utara, Barnabas Orno di Maluku, serta Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati di Bali.

Partai Nasdem

3 Partai Politik yang Paling Banyak Tempatkan Gubernur Petahana

Foto/dok.SINDOnews
Partai politik besutan Surya Paloh ini memiliki lima kader atau anggota yang menjabat sebagai gubernur petahana. Kelimanya adalah Gubernur Sumetera Selatan Herman Deru, Gubernur NusaTenggara Timur Viktor Laiskodat, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, dan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi.

Nasdem juga menempatkan tiga kader sebagai wakil gubernur. Mereka yaitu Sitti Rohmi Djalilah di Nusa Tenggara Barat, Edy Nasution di Riau, serta Marlin Agustina di Kepulauan Riau.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)