Di Milad PKS AHY Sebut Hukum Tajam ke Lawan, Tumpul ke Kawan

Sabtu, 20 Mei 2023 - 17:46 WIB
loading...
Di Milad PKS AHY Sebut Hukum Tajam ke Lawan, Tumpul ke Kawan
AHY menegaskan praktik hukum yang hanya tajam kepada lawan sepatutnya tidak disuburkan di Indonesia. Foto: MPI/muhammad farhan
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) menuding praktik penegakan hukum timpang. AHY dengan berapi-api menyinggung proses penegakan hukum hanya menguntungkan rezim pemerintahan.

"Banyak yang merasakan praktik penegakan hukum yang seolah tajam ke bawah tumpul ke atas, tajam ke lawan tumpul ke kawan," ujar AHY dalam sambutannya pada milad Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ke-21 di Istora Senayan, Sabtu (20/5/2023).

Putra Sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menilai praktik hukum yang berlaku tersebut hanya mengamankan kawan politik, seperti halnya melakukan perintangan penyidikan atau obstruction of justice.

"Sedangkan menggunakan instrumen, saya ulangi menggunakan instrumen hukum untuk menghabisi lawan politik namanya abuse of power, penyalahgunaan kekuasaan," ujar AHY.

AHY pun menegaskan praktik hukum tersebut sepatutnya tidak disuburkan di Indonesia. "Kedua-duanya tidak sepatutnya terjadi di negeri tercinta Indonesia ini," terang AHY.



Oleh sebab itu, AHY memandang sistem demokrasi saat ini mengalami kemunduran. Menurutnya, praktik bentuk kritik pada pemerintah dianggap sebagai upaya-upaya tak demokratis.

"Yang berani bersuara seolah dianggap sebagai musuh negara. Kita yang kritis PKS, NasDem, Demokrat kalau kritis dibilang musuh negara. Bukan kah negeri ini milik kita semuanya? Jangan sampai ada masyarakat yang merasa terbungkam takut bersuara di negeri sendiri," tegas AHY.

Sebelumnya diketahui, PKS melangsungkan acara puncak ulang tahun ke-21 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5/2023). Anies Baswedan yang tiba di lokasi diteriaki ‘Presiden’ oleh relawan.

Anies datang ditemani dengan sang istri, Presiden PKS Ahmad Syaikhu ketua Majelis Syuro PKS Habib Dr. Salim Segaf Aljufri dan Jusuf Kalla.

Turut hadir juga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2243 seconds (0.1#10.140)