Waspada Potensi Banjir Rob di Perairan Indonesia pada 19 Mei, Ini Daftar Wilayahnya

Selasa, 16 Mei 2023 - 18:06 WIB
loading...
Waspada Potensi Banjir Rob di Perairan Indonesia pada 19 Mei, Ini Daftar Wilayahnya
BMKG mengingatkan potensi banjir pesisir atau rob adanya fenomena fase bulan baru di sejumlah perairan wilayah Indonesia pada tanggal 19 Mei 2023. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi banjir pesisir atau rob adanya fenomena fase bulan baru di sejumlah perairan wilayah Indonesia pada tanggal 19 Mei 2023.

"Fenomena fase bulan baru berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia," ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo dalam keterangan resminya, Selasa (16/5/2023).



Eko mengatakan wilayah pesisir Indonesia yang berpotensi banjir rob diantaranya Pesisir Aceh, Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir Banten, Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Jawa Timur, Pesisir NTB, Pesisir NTT, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Maluku, Pesisir Maluku Utara, Pesisir Papua, Pesisir Papua Selatan.

"Potensi banjir pesisir ini berbeda waktu di tiap wilayah,yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat," jelas Eko.

Eko pun meminta masyarakat untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memerhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

Berikut lokasi dan Waktu potensi terjadinya banjir pesisir hingga 19 Mei 2023 mendatang:

1. Pesisir Aceh (Pesisir Sabang, Meulaboh) 19-22 Mei 2023

2. Pesisir Sumatera Utara (Pesisir Belawan dan sekitarnya) 16-22 Mei 2023

3. Pesisir Sumatera Barat (Pesisir Padang) 19 Mei 2023
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2237 seconds (0.1#10.140)