Karier Militer Marsda TNI Budhi Achmadi: Pernah Tugas di Brasil, Kini Jadi Kaskogabwilhan III

Selasa, 09 Mei 2023 - 17:23 WIB
loading...
Karier Militer Marsda TNI Budhi Achmadi: Pernah Tugas di Brasil, Kini Jadi Kaskogabwilhan III
Sosok Budhi Achmadi menjadi salah satu nama yang masuk daftar mutasi TNI pada akhir April 2023 lalu. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sosok Budhi Achmadi menjadi salah satu nama yang masuk daftar mutasi TNI pada akhir April 2023 lalu. Setelah sebelumnya menjabat Waasops Panglima TNI, dia mendapat tugas baru sebagai Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kaskogabwilhan) III.

Pada tugas barunya ini, Budhi menggantikan Mayjen TNI Izak Pangemanan yang dirotasi menjadi Pangdam XVII/Cenderawasih. Berdasarkan jabatan barunya tersebut, dia juga akan menyandang pangkat bintang dua alias Marsekal Muda (Marsda).


Riwayat Karier Militer Marsda TNI Budhi Achmadi

Budhi Achmadi merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Udara (AU). Mengutip keterangan dari laman resmi TNI AU, Pati bintang dua ini lahir di Magetan pada 25 Oktober 1972.

Dalam riwayat pendidikannya, Budhi adalah lulusan SMA Negeri 1 Pasoepati. Setelahnya, dia juga menyelesaikan pendidikan militer di Akademi Angkatan Udara (AAU) 1994.

Pada perjalanan kariernya sebagai anggota TNI, Budhi Achmadi memiliki riwayat panjang dengan sederet jabatan yang pernah diembannya. Jauh sebelum menjadi Kaskogabwilhan III, sosoknya ini juga sudah banyak mencicipi jabatan-jabatan strategis lainnya.

Salah satunya adalah sebagai Danskadron Udara 14 tahun 2009. Dua tahun menjabat, Budhi sempat beralih tugas menjadi Pabandya Latma Paban III/Lat Sopsau hingga Kepala Dinas Personel Lanud Iswahyudi.

Pada tahun 2014, Budhi mendapat penugasan baru di luar negeri. Dalam hal ini, dia akan menjadi Atase Pertahanan (Athan) RI di Brasil.

Namanya semakin dikenal kala menjabat Asops Kaskoopsau I hingga Danlanud Silas Papare (2020-2022). Setelah itu, dia ditunjuk untuk mengisi posisi Komandan Komando Sektor (Dankosek) II Koopsud II.

Namun, jabatan tersebut tak lama diembannya. Beberapa waktu berselang, Budhi Achmadi beralih tugas sebagai Waasops Panglima TNI dan bertahan hingga April 2023 lalu.

Terbaru, dia masuk daftar mutasi yang tertuang pada Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia No Kep/426/IV/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tanggal 27 April 2023. Saat ini, dia menjabat Kaskogabwilhan III.


Riwayat Jabatan Marsda TNI Budhi Achmadi

-Perwira Penerbang Pesawat Tempur F-5 Tiger Skadron Udara 14
-Ketua Senat Pasis Seskoau 45
-Karuops Kepala Lanud Iswahyudi
-Danskadron Udara 14 (2009—2011)
-Pabandya Latma Paban III/Lat Sopsau
-Kepala Dinas Personel Lanud Iswahyudi
-Atase Pertahanan RI di Brasil (2014)
-Asops Kaskoopsau I
-Danlanud Silas Papare (2020-2022)
-Dankosek II Koopsud II (2022)
-Waasops Panglima TNI (2022-2023)
-Kaskogabwilhan III (2023-Sekarang).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3315 seconds (0.1#10.140)