Soroti Jalan Rusak Lampung, Jokowi: Jika Pemda Tak Mampu Perbaiki, Diambil Alih Pusat

Jum'at, 05 Mei 2023 - 13:56 WIB
loading...
Soroti Jalan Rusak Lampung, Jokowi: Jika Pemda Tak Mampu Perbaiki, Diambil Alih Pusat
Mobil Presiden Jokowi saat melintasi Jalan Terusan Ryacudu, Lampung, Jumat (5/5/2023). FOTO/BIRO PERS SETPRES/Agus Suparto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyoroti kondisi jalan rusak di Provinsi Lampung. Jokowi menginstruksikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengambil alih jika kabupaten dan Provinsi Lampung tidak mampu memperbaiki jalan rusak dengan APBD.

"Secepatnya dimulai (perbaikan jalan) yang rusak. Yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan, kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh Kementerian PU, utamanya yang jalannya rusak parah, clear?" kata Jokowi kepada awak media usai mengunjungi Pasar Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Jumat (5/5/2023).

Presiden akan mengecek sejumlah jalan yang rusak parah di Provinsi Lampung. "Ya setelah ini saya mau lihat jalan-jalan yang ada di Lampung," ucap Jokowi.



Menurutnya, apabila jalan raya di sebuah daerah rusak maka akan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Sebab dapat berdampak pada inflasi dan ekonomi di daerah tersebut.

"Ini kita melihat inflasi, lihat harga-harga, tapi juga ingin melihat infrastruktur utamanya jalan, karena ini menjadi kunci biaya logistik itu sangat bergantung baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki," kata Jokowi.

Presiden Jokowi ditemani Menteri Perdagangan Zukifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Berdasarkan foto-foto dari Biro Pers Sekretariat Presiden (Setpres), Presiden Jokowi bersama rombongan melintasi jalan-jalan rusak di Lampung. Salah satunya Jalan Terusan Ryacudu, Kabupaten Lampung Selatan.

Baca Juga: Detik-detik Mobil Presiden Jokowi Terabas Jalan Rusak di Lampung

Jalan itu terlihat sangat rusak. Aspal jalan mengelupas, lubang-lubang jalan penuh genangan air juga tersebar hampir di sepanjang jalan. Mobil sedan yang ditumpangi Presiden Jokowi harus berjalan sangat pelan agar tidak terperosok ke dalam lubang-lubang jalan.

Mobil rombongan presiden pun terpaksa berjalan sangat pelan sambil mencari jalan yang bisa dilalui kendaraan. Tampak pula personel keamanan yang mengendarai sepeda motor melaju pelan di depan dan belakang mobil presiden.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)