Bursa Cawapres, Pengamat Beberkan Sejumlah Keunggulan Erick Thohir

Jum'at, 05 Mei 2023 - 11:27 WIB
loading...
Bursa Cawapres, Pengamat Beberkan Sejumlah Keunggulan Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai salah satu bacawapres unggulan di Pilpres 2024. Berdasarkan rilis terbaru dari ICRC, Erick memiliki segudang keunggulan. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai salah satu bacawapres unggulan di Pilpres 2024 . Berdasarkan rilis terbaru dari Ide Cipta Research & Counsulting (ICRC), Erick memiliki segudang keunggulan.

Pertama, dari Erick Thohir adalah memiliki elektabilitas mumpuni,” kata Direktur Eksekutif ICRC Hadi Suprapto Rusli, Jumat (5/5/2023).

Berdasarkan hasil survei terbaru dari Poltracking Indonesia dan Indikator Politik Indonesia, dia berada di urutan teratas bersaing dengan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Menparekraf Sandiaga Uno.

Kedua, Erick Thohir memiliki kekuatan logistik yang diperoleh sebelum berkecimpung di pemerintahan. Sebelum masuk cabinet, dia adalah Presiden Inter Milan, salah satu klub sepak bola ternama di dunia.

Ketiga, Erick Thohir memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Presiden Jokowi dan para elite parpol, terutama PAN. PAN menjadi pihak yang paling getol dalam mengajukan Erick Thohir sebagai cawapres.

Keempat, ICRC menyatakan posisi di pemerintahan saat ini menguntungkan bagi Erick Thohir. Di mana ia memiliki cakupan kerja secara nasional sebagai menteri di kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi.

Kelima, Erick Thohir merupakan pemimpin muda dan dekat dengan kalangan milenial. Hal ini menguntungkan untuk menghimpun suara para pemilih muda yang berjumlah lebih dari 50% di Pilpres 2024 mendatang.

Keenam, Erick Thohir sangat memahami persoalan ekonomi. Terbukti Kementerian BUMN menjadi lebih menguntungkan ketika dipimpin oleh Eks Presiden Inter Milan ini.

Bahkan kini Kementerian BUMN memberikan dividen terbesar sepanjang sejara ke pemerintah yang berjumlah Rp80,2 triliun. Ketujuh, Erick Thohir merupakan cawapres yang datang dari kalangan NU.

Mengingat dia adalah Anggota Kehormatan Banser dan Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU. Menurut Hadi, Erick Thohir sebagai cawapres harapan bagi para nahdliyin. “Erick Thohir yang namanya disebut oleh PBNU sebagai cawapres harapan warga NU,” terang Hadi.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2155 seconds (0.1#10.140)