Bulan Purnama 5 Mei, Ini Prediksi Rob di 20 Wilayah Pesisir Indonesia

Kamis, 04 Mei 2023 - 06:46 WIB
loading...
Bulan Purnama 5 Mei, Ini Prediksi Rob di 20 Wilayah Pesisir Indonesia
Pengendara becak motor melintasi banjir rob di Muara Angke, Jakarta, Rabu (7/12/2022). FOTO/ANTARA/Darryl Ramadhan
A A A
JAKARTA - Fenomena fase bulan purnama akan terjadi pada 5 Mei 2023. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan fenomena ini berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum yang menyebabkan rob di 20 wilayah pesisir Indonesia.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo mengatakan, wilayah yang berpotensi banjir rob di antaranya Pesisir Aceh, Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Sumatera Barat Pesisir Lampung, Pesisir Banten, Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir Jawa Timur. Kemudian Pesisir selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Pesisir NTB, Pesisir NTT, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Kalimantan Tengah, Pesisir Sulawesi Utara, Pesisir Maluku, dan Pesisir Maluku Utara.

Eko menjelaskan, potensi terjadinya rob berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah. Banjir ini secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam, dan perikanan darat.



"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," kata Eko dalam keterangan resminya, Kamis (4/5/2023).

Berikut lokasi dan waktu potensi terjadinya banjir rob:

1. Pesisir Aceh (Pesisir Sabang, Meulaboh) 4 - 10 Mei 2023

2. Pesisir Sumatera Utara (Pesisir Belawan dan sekitarnya) 3 - 9 Mei 2023

3. Pesisir Sumatera Barat (Pesisir Padang) 6 Mei 2023

4. Pesisir Lampung (Bandar Lampung) 6 - 11 Mei 2023
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)