Ketika Megawati Bela Ganjar Pranowo Tolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20

Minggu, 30 April 2023 - 22:06 WIB
loading...
Ketika Megawati Bela Ganjar Pranowo Tolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20
Bakal capres 2024 Ganjar Pranowo berbincang dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (30/4/2023). Foto/Dok PDIP
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri angkat bicara mengenai penolakan Ganjar Pranowo terhadap timnas Israel dalam Piala Dunia U-20. Dia juga menyinggung hasil survei elektabilitas Ganjar Pranowo usai Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Awalnya, Megawati berbicara ihwal dirinya yang tak mempercayai hasil survei yang ada. Menurut dia, penolakan Ganjar terhadap timnas Israel bukan tanpa alasan jelas.

“Survei, saya ini dulu belajar statistik lho. Jadi saya tahu lho sebenarnya beneran survei atau enggak. Kedua, gratisan lho, mana ada survei gratis,” kata Megawati dalam konferensi pers usai pertemuan dengan PPP di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (30/4/2023).





Dia juga menilai media massa perlu memberikan edukasi kepada rakyat. "Untuk main bolanya, setuju banget. Tetapi ada loh yang lebih harus dipikirkan. Itu konstitusi kita," katanya.

Lantas, Mega turut menyinggung ihwal hasil Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika. Saat itu, kata Mega, Indonesia telah mempunyai sikap atas perang di tanah Palestina.

"Pertama, tetap perjuangkan kemerdekaan Palestina. Kedua tidak membuka hubungan diplomatik kepada Israel dan lain-lain," tutur Mega.

"Jadi bukan urusannya, wah Pak Ganjar, surveinya (turun, red). Saya sudah bilang, halah survei kan apa bisa," tutur Mega.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong upaya terobosan agar Israel tidak main di Indonesia dalam Piala Dunia U-20. Sikap tersebut perwujudan komitmen bersama dalam upaya kemerdekaan Palestina sesuai amanat Presiden pertama RI Soekarno.

Ganjar mengatakan, sebagai kader PDIP, dirinya memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina. "Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau," katanya di Semarang.

Sebagai gubernur, Ganjar juga terus mengamati aksi-aksi kekerasan yang cenderung meningkat di Palestina. Ia mencermati kemunculan kelompok politik dalam pemerintahan Israel yang menolak mengakui keberadaan bangsa dan negara Palestina merdeka.

"Karenanya, penting bagi kita untuk tetap menyuarakan dukungan kita kepada perjuangan Palestina merdeka," katanya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2772 seconds (0.1#10.140)