Riwayat Pendidikan Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah Alumni UGM dan UI

Senin, 17 April 2023 - 13:55 WIB
loading...
Riwayat Pendidikan Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah Alumni UGM dan UI
Ganjar Pranowo merupakan salah seorang politisi Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ganjar Pranowo merupakan salah seorang politisi Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah . Tercatat, dia telah memimpin Jateng terhitung selama dua periode, tepatnya sejak tahun 2013.

Lahir di Karanganyar, Jawa Tengah pada 28 Oktober 1968, politisi PDIP ini memiliki nama asli Ganjar Sungkowo. Dia merupakan putra dari pasangan Parmudji Pramudi Wiryo dan Sri Suparni.

Jauh sebelum menjadi seorang politisi yang sukses, Ganjar telah banyak menimba ilmu selama hidupnya. Dalam riwayatnya, tercatat dia pernah mengenyam pendidikan di berbagai sekolah dan perguruan tinggi yang berbeda.


Riwayat Pendidikan

Tempat pertamanya mengenyam pendidikan formal adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Tawangmangu. Akan tetapi, beberapa waktu sebelum lulus, dia harus pindah sekolah karena mengikuti perpindahan dinas ayahnya.

Pada akhirnya, Ganjar pindah ke SDN 1 Kutoarjo saat kelas 5 dan bertahan sampai lulus. Setelah lulus SD, dia masuk ke jenjang pendidikan menengah di SMPN 1 Kutoarjo.

Setamatnya dari SMP, Ganjar Pranowo melanjutkan pendidikan menengahnya ke Yogyakarta. Dalam hal ini, dia masuk ke Sekolah Menengah Atas (SMA) BOPKRII Yogyakarta.

Tak sampai di situ saja, Ganjar melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Pada akhirnya, dia berhasil masuk ke fakultas impiannya, yakni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM).

Setelah sekian banyak perjuangannya untuk menyelesaikan kuliah, Ganjar lulus dari UGM pada tahun 1995. Tak puas dengan itu, selanjutnya dia juga berhasil meraih gelar S2 (Master) di Universitas Indonesia (UI), jurusan Ilmu Politik.

Bekal pendidikan dan perjuangan yang telah dilaluinya ini membuat Ganjar memiliki karier cemerlang sampai saat ini. Sempat menjadi anggota DPR RI, dia berhasil terpilih sebagai Gubernur Jawa Tengah pada tahun 2013 dan bertahan hingga sekarang.

Terbaru, menjelang tahun politik 2024, nama Ganjar Pranowo juga turut ramai diperbincangkan. Dalam hal ini, dia kerap disebut memiliki potensi untuk nantinya menjadi kandidat Calon Presiden (Capres).


Pendidikan Ganjar Pranowo

-SDN 1 Kutoarjo
-SMPN 1 Kutoarjo
-SMA BOPKRII Yogyakarta
-Universitas Gadjah Mada, Fakultas Hukum
-Universitas Indonesia, Pascasarjana Ilmu Politik
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)