BMKG Sebut Gempa M6,6 yang Mengguncang Tuban Berpusat di Laut Jawa

Jum'at, 14 April 2023 - 18:37 WIB
loading...
BMKG Sebut Gempa M6,6 yang Mengguncang Tuban Berpusat di Laut Jawa
BMKG melaporkan gempa magnitudo (M)6,6 mengguncang 65 KM arah Barat Laut Kota Tuban, Jawa Timur. Gempa ini terjadi pada Jumat 14 April 2023 pukul 16.55 WIB. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) melaporkan gempa dengan magnitudo (M)6,6 mengguncang 65 KM arah Barat Laut Kota Tuban, Jawa Timur. Gempa ini terjadi pada Jumat 14 April 2023 pukul 16.55 WIB.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG , Daryono melaporkan gempa ini mempunyai parameter update M6,9. Dia pun menegaskan bahwa pusat gempa bukan di Tuban namun di Laut Jawa.

"Gempa M6,9 ini bukan Gempa Tuban, ini Gempa Laut Jawa,” tegas Daryono lewat akun media sosialnya.



Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,31° LS ; 111,96° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada kedalaman 643 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dalam akibat adanya aktivitas deformasi slab pull pada lempeng Indo-Australia yang tersubduksi hingga di bawah Laut Jawa," ungkap Daryono.

Sementara itu, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Daryono melaporkan gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kuta dengan skala intensitas V MMI ( Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun ), Karangkates, Trenggalek, Gianyar, Tulungagung, Trengalek, Nganjuk, Pacitan, Kediri, Tuban, Garut, Mataram dengan skala intensitas IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 17.43 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock ) sebanyak 1 (satu) dengan magnitudo M5,5," tandas Daryono.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)