Respons MUI soal Timnas Israel di Piala Dunia U-20

Selasa, 14 Maret 2023 - 05:44 WIB
loading...
Respons MUI soal Timnas Israel di Piala Dunia U-20
Wakil Ketua Umum MUI, Marsudi Syuhud. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) turut memberikan perhatian terkait keikutsertaan Timnas Israel dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia. Namun, Wakil Ketua Umum MUI Marsudi Syuhud menyampaikan, MUI saat ini tidak mau terburu-buru mengambil sikap, dan ingin mendengar penjelasan dari dua menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita ingin mendengar terlebih dahulu penjelasan dari Menteri Luar Negeri seperti apa," kata Marsudi dalam keterangannya di Jakarta, yang dikutip Selasa (14/3/2023).

Menurut Marsudi, pemerintah harus menjelaskan soal posisi Indonesia terhadap keikutsertaan Timnas Israel. Selain Menlu, MUI juga ingin mendengar keterangan dari Menko Polhukam Mahfud MD. Karena, selain sebagai menteri koordinator, Mahfud juga merupakan ahli hukum.

Baca juga: Pernyataan Tegas Menpora Menyoal Keikutsertaan Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023

Sehingga diyakininya bakal bisa memberikan pandangan yang luas dari sisi hukum. Tentu saja, sambung Marsudi, MUI juga ingin mendengar penjelasan dari Menpora dan PSSI sebagai penyelenggara kejuaraan.

"Kita ingin tahu aturan penyelenggaraannya seperti apa dan persiapannya bagaimana," ujarnya.

Selain itu, Marsudi menambahkan, MUI juga akan mendengar pandangan dari ormas-ormas Islam yang bergabung dalam MUI. Saat ini, di MUI terdapat sekitar 77 ormas. Forum yang ingin dimanfaatkan untuk mendengar berbagai pandangan itu diharapkannya berupa rapat gabungan.

"Pihaknya ingin mengundang berbagai pihak dalam satu forum bersama. Sebelum mendengarkan pihak-pihak terkait, MUI tidak mau terburu-buru mengambil sikap," tandasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)