Deretan 3 Brevet Santos Gunawan Matondang, Jenderal Batak yang Pernah Sukses Jabat Pangdam XIII/Merdeka

Rabu, 08 Maret 2023 - 11:48 WIB
loading...
Deretan 3 Brevet Santos Gunawan Matondang, Jenderal Batak yang Pernah Sukses Jabat Pangdam XIII/Merdeka
Mayor Jenderal TNI Santos Gunawan Matondang diketahui memiliki tiga brevet selama menjalani kariernya di militer Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Mayor Jenderal TNI Santos Gunawan Matondang diketahui memiliki tiga brevet selama menjalani kariernya di militer Indonesia. Jenderal bintang dua yang telah pensiun pada 2021 lalu ini sukses menjabat sebagai Panglima Kodam XIII/Merdeka sejak tahun 2020.

Purnawirawan TNI yang lahir pada 12 Juni 1963 ini juga sempat menduduki posisi strategis lain, macam Asisten Pengamanan KSAD, Wakil Komandan Sesko TNI, Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI, dan Kepala Pusat Penerangan TNI.

Baca juga : Adu Brevet TNI Jenderal Dudung Abdurachman vs Jenderal Andika Perkasa

Dari rekam jejak yang telah dilaluinya, Santos Gunawan Matondang berhasil mengoleksi tiga brevet yang melambangkan keterampilan dan tanda kehormatannya sebagai prajurit.

Berikut 3 brevet yang dimiliki Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang:

1. Brevet Komando Kopassus

Brevet ini diperuntukkan bagi prajurit yang telah melaksanakan pendidikan Kopassus selama tujuh bulan tanpa henti.

Santos Gunawan Matondang sempat mengemban tugas sebagai Asisten Logistik Danjen Kopassus, Komandan Satuan 81 Kopassus, Komandan Pusat Pendidikan Pasukan Khusus, dan Pamen Ahli Danjen Kopassus. Untuk itu tak heran bila dia memiliki Brevet Komando Kopassus.

2. Brevet Free Fall

Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang mendapatkan brevet ini setelah melalui pendidikan terjun bebas yang meliputi pengetahuan alat dan kelengkapan freefall, teknik melipat payung, teknik keluar pesawat, teknik melayang, teknik kemudi/mendarat dan aplikasi penerjunan dengan teknik HAHO/HALO.

Baca juga : 3 Jenderal TNI Jebolan Akmil 1988 yang Memiliki Brevet Kopassus

3. Brevet Jump Master

Terakhir ada Brevet Jump Master yang didapat setelah menguasai teknik pelipatan parasut, teknik spotting, teknik exit, teknik melayang, teknik mengemudi, teknik pattern, dan teknik pendaratan serta emergency procedure.

Selain ketiga brevet di atas, Mayjen TNI Santos Gunawan juga memiliki Pin Unhan sebagai penghargaan atas jasanya di dunia pendidikan TNI. Mengingat dirinya pernah mengemban jabatan sebagai Wadanjen Akademi TNI pada 2018 dan Danpusdikpassus tahun 2012.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)