Pengamat: Ganjar-Airlangga Lebih Berpeluang Menang Ketimbang Ganjar-Erick

Selasa, 07 Maret 2023 - 20:20 WIB
loading...
Pengamat: Ganjar-Airlangga Lebih Berpeluang Menang Ketimbang Ganjar-Erick
Perhelatan Pilpres 2024 tinggal menghitung bulan. Ada sejumlah nama yang digadang-gadang menjadi bakal capres dan cawapres. Seperti Ganjar dan Airlangga. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perhelatan Pilpres 2024 tinggal menghitung bulan. Ada sejumlah nama yang digadang-gadang menjadi bakal capres dan cawapres. Seperti Ganjar Pranowo, Airlangga Hartarto , hingga Erick Thohir.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro menilai, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan lebih solid berpasangan dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ketimbang Menteri BUMN, Erick Thohir.

Menurutnya, peluang pasangan ini memenangkan kontestasi Pilpres 2024 lebih terbuka meski harus bersaing dengan nama-nama kuat seperti Prabowo Subianto atau Anies Baswedan.

"Ganjar-Airlangga lebih solid, karena faktor Airlangga sebagai motor KIB (Koalisi Indonesia Bersatu). Di titik ini, soliditas KIB sebagai koalisi bisa terjaga," kata Agung Baskoro, Selasa (7/3/2023).

Baskoro mengatakan dari sisi kekuatan politik, pasangan Ganjar-Airlangga mewakili dua partai besar yakni PDIP dan Golkar yang bisa menjamin stabilitas kekuasaan di masa mendatang.

"Golkar memiliki infrastruktur politik yang besar dan terbukti mampu menopang kekuasaan pemerintah dari rezim ke rezim," ujarnya.

"Sehingga jika PDIP dan Golkar berkoalisi, otomatis gabungan kekuatan politik keduanya akan mampu memberi efek psikologis politik soal stabilitas dan kelanjutan pemerintahan," tambahnya.

Baskoro mengatakan, peluang menang pasangan Ganjar-Airlangga terbuka dibanding Ganjar-Erick jika berhadapan dengan capres lain seperti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Namun, Airlangga harus mampu mengoptimalkan kerja-kerja publik dan politiknya. Karenanya ia menyarankan sejumlah langkah yang harus diambil Golkar dan Airlangga, dalam meningkatkan elektabilitas dan popularitas.

"Pertama, Airlangga wajib mengorkestrasi kinerja publiknya sebagai Menko Perekonomian dan Ketua Umum Golkar dengan mulai merespons isu-isu publik yang relevan dan menghindari kontroversi," ujarnya.

"Kedua, turun ke bawah atau blusukan secara intensif secara terukur dan teratur. Ketiga, Golkar harus rutin merajut titik temu secara atraktif ke semua poros agar nama Airlangga diusung minimal sebagai cawapres," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2325 seconds (0.1#10.140)