Pahlawan Nasional Lahir Bulan Maret, Nomor 2 Perumus Naskah Proklamasi

Sabtu, 04 Maret 2023 - 01:16 WIB
loading...
Pahlawan Nasional Lahir Bulan Maret, Nomor 2 Perumus Naskah Proklamasi
Diorama Perumusan Naskah Proklamasi oleh Bung Karno, Bung Hatta, dan Achmad Soebardo di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah pahlawan nasional lahir pada bulan Maret . Di antara mereka ada yang merupakan perumus naskah Proklamasi Republik Indonesia.

Sedikitnya empat pahlawan nasional lahir pada bulan Maret, bulan ketiga kalender Masehi. Para tokoh yang berasal dari berbagai daerah tersebut diberi gelar pahlawan nasional berkat perjuangan dan jasanya membela bangsa dan negara.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, pahlawan nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Siapa saja pahlawan nasional lahir pada bulan Maret? Berikut SINDOnews tampilkan profil singkatnya:

1. RE Martadinata


Raden Eddy Martadinata atau lebih dikenal RE Martadinata merupakan pahlawan nasional asal Bandung. Ia seorang laksamana dan diplomat Angkatan Laut. Martadinata lahir pada 29 Maret 1921. Ia memulai pendidikan sekolah dasar di HIS Lahat dan lulus pada 1934.

Martadinata mulai bergabung dengan Angkatan Laut Indonesia pada 1945. Selama berkarier di Angkatan Laut, jabatan yang pernah diembannya adalah Wakil Komandan BKR Laut Jawa Barat, Ajudan Kepala Staf Umum TKR Laut, Menteri/Panglima Angkatan Laut. Ia pernah pula menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Pakistan pada Februari 1966.



Martadinata meninggal dunia dalan kecelakaan helikopter yang menabrak bukit di Riung Gunung saat menjalankan tugas negara pada 6 Oktober 1966. Jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Atas jasanya, pemerintah memberi gelar pahlawan nasional kepada Laksamana Laut RE Martadinata berdasarkan Keputusan Presiden No 190 Tahun 1966.

2. Achmad Soebardjo

Pahlawan Nasional Lahir Bulan Maret, Nomor 2 Perumus Naskah Proklamasi


Panel tokoh Achmad Soebardjo di Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Foto/Dok SINDOnews

Achmad Soebardjo adalah sosok pejuang kemerdekaan Indonesia dan pahlawan nasional. Bersama Soekarno dan Hatta, Achmad Soebardjo merumuskan naskah Proklamasi di Rumah Laksamana Maeda sebelum Proklamasi dibacakan pada Jumat, 17 Agustus 1945.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)