BNPB Catat 57 Kejadian Bencana dalam Sepekan, Paling Banyak Banjir

Selasa, 28 Februari 2023 - 07:27 WIB
loading...
BNPB Catat 57 Kejadian Bencana dalam Sepekan, Paling Banyak Banjir
Banjir di Dukuh Tanggulangin, Jati Wetan, Kudus, Jawa Tengah, Jumat (24/2/2023). Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) mencatat 57 kali kejadian bencana dalam sepekan atau pada periode 20 - 26 Februari 2023 di Indonesia. Jumlah tersebut lebih banyak dari pekan sebelumnya yakni 55 kali kejadian bencana.

“Jadi dalam satu pekan terakhir dari tanggal 20 sampai 26 Februari ini kita berada di Minggu terakhir bulan Februari, yang sebelumnya pada Minggu kedua kejadian bencana hidrometeorologi basah sedikit menurun di awal Februari juga menurun, di akhir Februari ini kita ada kenaikan,” kata pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dikutip dari laman YouTube resmi BNPB, Selasa (28/2/2023).

BNPB juga mencatat sebanyak 65.955 orang terdampak dan mengungsi. “Ada banjir 29 kali, longsor 13 kali, cuaca ekstrem 13 kali, ada kebakaran hutan 2 kali, banjir paling banyak masyarakat terdampak,” kata pria yang akrab disapa Aam ini.





Dia mengatakan, sebanyak 10.323 rumah terendam banjir dan 135 rumah rusak dari 57 kejadian bencana tersebut. “Kalau rumah rusak biasanya kalau kita sudah mulai masuk menjelang transisi dari hujan ke kering atau kering ke hujan itu biasa kita ada cuaca ekstrem sifatnya angin kencang baik dengan ataupun tidak disertai oleh hujan ini juga cukup merusak terutama bagian atas dari rumah atau bangunan,” ujarnya.

Kemudian, Aam melaporkan kalau dilihat dari distribusi spasialnya bahwa Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan sebagian Sumatera sedikit bagian Kalimantan dan Sulawesi terdampak dengan curah hujan dengan intensitas medium hingga tinggi. “Khususnya di Jawa dalam 23 hari terakhir ini,” ungkapnya.

Jadi, kata dia, trennya mulai bergeser menjadi angin puting beliung, cuaca ekstrem, dan angin kencang yang dominan. “Meskipun banjir karena faktor hujan di beberapa tempat dipengaruhi juga oleh kondisi-kondisi regional, ini masih tetap terjadi,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)