Dosen UII Masih Berada di Boston tapi Sulit Dihubungi, Polri: Pulanglah

Selasa, 21 Februari 2023 - 17:40 WIB
loading...
Dosen UII Masih Berada di Boston tapi Sulit Dihubungi, Polri: Pulanglah
Dosen UII Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama yang dilaporkan hilang sejak berpisah dengan rombongan kampus di Istanbul, Turki, telah diketahui berada di Boston, Amerika Serikat. FOTO/DOK.UII
A A A
JAKARTA - Dosen Universitas Islam Indonesia ( UII ) Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama yang dilaporkan hilang sejak berpisah dengan rombongan kampus di Istanbul, Turki, telah diketahui berada di Boston, Amerika Serikat. Polri mengimbau kepada Rafie untuk segera kembali ke Tanah Air.

Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Krishna Murti meminta kepada Rafie untuk memberi kabar kepada keluarga dan kampus tempatnya bekerja.

"Nah sekarang tinggal yang bersangkutan saja, kalau beritanya ramai dan dicari keluarga, ya pulanglah, gitu, atau kalau ada apa-apa," kata Krishna Murti kepada awak media, Selasa (21/2/2023).



Krishna menjelaskan, status Rafie tidak bisa dikategorikan sebagai orang hilang karena adanya bukti dari Imigrasi Amerika Serikat bahwa dosen UII itu check-in dengan sengaja ke negeri Paman Sam tersebut.

"Dia check in lagi ke Boston dari Istanbul. Kan pertanyaannya di Boston ngapain, sama siapa, di mana, ya hanya dia ama Tuhan yang tahu, karena dia mematikan semua komunikasi," ujarnya.

Menurut Krishna, anggotanya sudah menemukan nomor telepon Rafie yang digunakan di Amerika Serikat. Namun hingga saat ini jajarannya masih sulit menghubungi Rafie.

"Setelah masuk Amerika, kita juga sudah dapat nomor Amerikanya dia tapi tidak nyala. Tapi kan beli nomor di Amerika gampang, saya rasa cuma ngasih paspor, itu kalau diseriusin juga bisa dapat," katanya.

Polri hingga saat ini tetap berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (Kedubes RI) di Norwegia, Turki, dan Amerika Serikat. "Kita koordinasi sama semua KBRI baik Oslo, Ankara, Amerika. Itu ada bukti otentik juga bahwa yang bersangkutan masuk ke Boston tanggal 13 Februari, dan itu dikeluarkan oleh CBP, Custom and Border Protection di Amerika," kata Krishna.

Ia menduga Rafie sengaja berpisah dari rombongan untuk pergi ke Boston. "Artinya beliau terlepas dari rombongan itu sedari Istanbul, ketika rombongan pulang ke Jakarta, dia tidak naik pesawat itu, dia keluar ganti pesawat," kata Krishna.

Untuk diketahui, Ahmad Munasir Rafie Pratama melakukan perjalanan ke Oslo, Norwegia pada 4 Februari 2023 dalam rangka tugas kampus untuk mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia. Dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Informatika UII itu dilaporkan hilang kontak setelah berkomunikasi terakhir dengan istrinya pada Minggu siang, 12 Februari 2023 dalam perjalanan pulangnya yang saat itu berada di Bandara Oslo.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)