6 Jenderal TNI Marinir Pemilik Brevet Intai Amfibi, Nomor 4 Agen BIN

Selasa, 21 Februari 2023 - 10:12 WIB
loading...
6 Jenderal TNI Marinir Pemilik Brevet Intai Amfibi, Nomor 4 Agen BIN
Brevet Intai Amfibi diperoleh setelah melalaui serangkaian pendidikan Taifib. Sedikitnya enam jenderal TNI dari Korps Marinir menyandang brevet ini. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Batalion Intai Amfibi atau Yon Taifib merupakan satuan elite Korps Marinir TNI AL dengan spesialisasi pada operasi Pengintaian Amfibi dan Pengintaian Khusus. Prajurit Yon Taifib diseleksi dari semua unsur tempur Marinir, yaitu Infanteri, Artileri, Kavaleri, Bantuan Tempur dan Pertahanan Pangkalan

Prajurit Intai Amfibi terpilih lewat seleksi superberat. Mereka yang lolos berhak menyandang sejumlah atribut, di antaranya Brevet Intai Amfibi, Brevet Pandu Para, Brevet Free Fall, Brevet Mobile Udara, Brevet Menembak Tepat, Brevet Selam Tempur, dan Brevet Renang Selat.

Siapa saja jenderal Korps Marinir TNI AL yang memiliki Brevet Intai Amfibi?

1. Letjen TNI (Mar) Suhartono
6 Jenderal TNI Marinir Pemilik Brevet Intai Amfibi, Nomor 4 Agen BIN

Foto/istimewa
Suhartono adalah Komandan Kodiklatal. Tentara kelahiran Kabupaten Batang, 15 April 1966 ini adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-34 tahun 1988. Dia mengawali tugasnya di TNI AL sebagai Danton 2 Kompi C Pasmar 2 Kormar.

Sepanjang kariernya Suhartono banyak mengikuti operasi tempur. Salah satu yang paling mendapatka perhatian masyarakat yaitu operaasi pembebasan Awak KM Sinar Kudus di Somalia pada 2011, ketika menjabat sebagai Komandan Denjaka.

Sebagai Dansatgasgultor Satgas Merah Putih Suhartono sukses membebaskan KM Sinar Kudus dan mendapat penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat dari Letkol ke Kolonel.

2. Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah
6 Jenderal TNI Marinir Pemilik Brevet Intai Amfibi, Nomor 4 Agen BIN

Foto Wikipedia
Nur Alamsyah merupakan lulusan terbaik AAL angkatan ke-35 tahun 1989. Dia banyak bertugas s di satuan-satuan khusus Korps Marinir TNI AL dan kerap memimpin satuan tugas di beberapa medan tempur di dalam maun luar negeri.

Di jabatan barunya sebagai Asisten Staf Potensi Maritim Kepala Satf Angkatan Laut (Aspotmar KSAL), Nur Alamsyah bertugas membantu KSAL dalam menyelenggarakan fungsi Staf Umum Angkatan Laut di bidang Binpotmar.

Bidang ini meliputi perencanaan program dan anggaran, pembinaan kemampuan Potmar, pembinaan ketahanan wilayah, dan pembinaan komunikasi sosial. Kemudian, ada pula untuk pembinaan bakti TNI Angkatan Laut dan pembinaan perbatasan laut atau pulau-pulau kecil terluar dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla).

3. Brigjen TNI (Mar) Widodo
6 Jenderal TNI Marinir Pemilik Brevet Intai Amfibi, Nomor 4 Agen BIN

Foto/istimewa
Widodo merupakan Direktur Latihan Kodiklatal yang menjabat sejak 13 September 2021. Widodo, merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-38 tahun 1992. Beberapa jabatan yan pernah diembanya antara lain Wadan Brigif-2 Marinir (2011—2012); Asintel Kaspasmar-1 (2012); dan Paban III Mindik Sesko TNI (2017).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)