Uji Kelayakan 13 Calon Dubes Selesai, Komisi I: Hasilnya Akan Dikirim ke Presiden

Rabu, 01 Februari 2023 - 20:27 WIB
loading...
Uji Kelayakan 13 Calon Dubes Selesai, Komisi I: Hasilnya Akan Dikirim ke Presiden
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan, hasil uji kepatutan dan kelayakan calon dubes RI akan dikirim ke Presiden Jokowi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi I DPR telah merampungkan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test terhadap 13 calon duta besar (dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI. Uji kepatutan dan kelayakan tersebut digelar secara tertutup pada Rabu (1/2/2023) sore.

“Komisi I sudah menjalankan fit and proper test terhadap 13 calon dubes dengan dibagi tiga sesi. Sudah dijalankan dengan lancar dari pagi hingga sore hari ini,” kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Meutya menjelaskan, setelah itu Komisi I akan segera bersurat kepada pimpinan DPR RI mengenai hasil uji kepatutan dan kelayakan tersebut. Selanjutnya, mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sifatnya tertutup dan rahasia untuk kemudian dilantik.



“Jadi, kami bersurat kepada pimpinan DPR, pimpinan DPR bersurat kepada Presiden untuk kemudian melantik,” terangnya.



Politikus Partai Golkar ini menjelaskan, proses uji kepatutan dan kelayakan terhadap 13 calon dubes pada hari ini berjalan lancar, apalagi semua calon dubes merupakan diplomat dan memiliki rekam jejak yang sudah diketahui oleh Komisi I DPR.

“Ini kan rata-rata hampir seluruhnya memang karier (jenjang karier diplomat), jadi track record-nya kami sudah kenal, penempatan wilayahnya kami rasa tidak terlalu ada masalah,” tandasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)