2 Jebolan Akmil 90-an yang Jadi Pangdam IX/Udayana, Salah Satunya Kini Jabat Pangkostrad

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:40 WIB
loading...
2 Jebolan Akmil 90-an yang Jadi Pangdam IX/Udayana, Salah Satunya Kini Jabat Pangkostrad
Terdapat beberapa Pangdam IX/Udayana yang diketahui sebagai jebolan Akademi Militer (Akmil) tahun 90-an. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa Pangdam IX/Udayana yang diketahui sebagai jebolan Akademi Militer (Akmil) tahun 90-an. Salah satunya kini tengah menjabat Panglima Kostrad.

Sekadar informasi, saat ini terdapat sekitar 15 Kodam aktif yang masing-masing dipimpin oleh seorang Pangdam. Dari sekian banyak, salah satunya adalah Kodam IX/Udayana.

Komando Daerah Militer IX/Udayana merupakan komando kewilayahan pertahanan yang meliputi daerah Kepulauan Nusa Tenggara. Adapun markasnya sendiri berada di Denpasar, Bali.

Baca juga : Profil Mayjen TNI Sonny Aprianto, Elite Intelijen yang Kini Jadi Pangdam Udayana

Sepanjang sejarahnya, Kodam Udayana ini telah dipimpin oleh seorang Pangdam dengan latar belakang dan angkatan yang berbeda-beda, termasuk alumni Akmil 90-an.

Berikut dua jebolan Akmil 90-an yang menjadi Pangdam IX/Udayana.

1. Mayjen TNI Sonny Aprianto

Mayor Jenderal TNI Sonny Aprianto merupakan salah seorang perwira tinggi TNI Angkatan Darat. Saat ini, dia berstatus sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana.

Dalam riwayatnya, Sonny diketahui sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1990. Jenderal bintang 2 ini dikenal sebagai perwira tinggi dengan spesialisasi kontra intelijen.

Sebelum menjabat Panglima Kodam Udayana, sejumlah posisi strategis juga pernah disematnya. Di antaranya adalah Danrem 031/Wirabima (20180, hingga Komandan Pusat Intelijen TNI AD (Danpusintelad) periode 2018 sampai 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)