2 Poin Dukungan PKS Terhadap Anies Baswedan untuk Pilpres 2024

Senin, 30 Januari 2023 - 22:39 WIB
loading...
2 Poin Dukungan PKS Terhadap Anies Baswedan untuk Pilpres 2024
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memutuskan mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.Foto/Istimewa
A A A
TANGERANG - Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) , M Sohibul Iman mengungkapkan ada dua poin yang didapat usai bertemu dengan Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Al Jufri di Istanbul, Turki. PKS pun memutuskan mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon Presiden 2024.

"Kami diskusi cukup panjang, pertemuan, dan konsultasi berjalan dengan baik. Dari diskusi tersebut saya mendapatkan pesan dari untuk disampaikan dua hal penting," kata Sohibul Iman di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (30/1/2023).

Dia menuturkan, poin pertama yaitu, PKS konsisten menjadi bagian partai pengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Sehingga, koalisi tersebut memenuhi parlemen presidential threshold 20 persen.

Poin kedua, lanjut Sohibul Iman, PKS akan menyampaikan dukungan eksplisit organisatoris terhadap Anies Baswedan sebagai bacapres 2024-2029 pada rapat badan pekerja Majelis Syuro PKS.

"Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan terjadi percepatan sesuai dinamika politik yang berkembang. Terutama setelah Ketua Majelis Syuro kembali ke Tanah Air pada 3 Februari 2023," tuturnya.

Sementara itu, Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky H mengapresiasi apa yang telah dilakukan PKS."Kami harap Koalisi Perubahan dari tiga partai ini mampu menghadirkan perubahan yang telah dinantikan masyarakat," ujarnya.

Wujud keseriusan ketiga partai dalam membentuk koalisi, akan ada keputusan bersama yang ditandatangani oleh petinggi partai dalam pertemuan selanjutnya. Saat ini, poin penting yang akan dituangkan dalam piagam koalisi juga telah ditentukan dan akan kembali didiskusikan ulang sebelum ditandatangani.

"Langkah-langkah untuk memenuhi harapan publik terhadap terbentuknya Koalisi Perubahan tinggal diformalitas untuk mendatangani keputusan bersama meresmikan Anies Baswedan sebagai bacapres yang diusung tiga partai yang diakumulasikan untuk presidential threshold lebih 20 persen," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)