AHY Pastikan Usung Anies, Ajak Nasdem dan PKS Bentuk Sekretariat Perubahan

Kamis, 26 Januari 2023 - 07:45 WIB
loading...
AHY Pastikan Usung Anies, Ajak Nasdem dan PKS Bentuk Sekretariat Perubahan
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengajak Nasdem dan PKS segera merealisasikan Sekretariat Perubahan. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) mengajak Partai Nasdem dan PKS untuk segera membentuk Sekretariat Perubahan. Ini akan membuktikan keseriusan dan komitmen mewujudkan Koalisi Perubahan.

“Koalisi Demokrat, PKS, dan Nasdem dipersatukan oleh visi dan semangat yang sama, senasib dan seperjuangan, untuk mengemban amanah rakyat yang menginginkan perubahan dan perbaikan pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar AHY, Kamis (26/1/2023).

AHY menegaskan, koalisi Demokrat, PKS, dan Nasdem bertemu bukan untuk politik transaksional dan pragmatisme. Menurut AHYm kerja tim kecil sudah mendekati tahap final. Dengan rentang waktu komunikasi lebih dari enam bulan, sudah cukup untuk mengambil keputusan yang penting dan fundamental.

Baca juga: Demokrat Berharap Koalisi Perubahan Deklarasi Capres-Cawapres pada Februari

Soal capres, AHY memastikan telah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan. “Bagi Demokrat, Mas Anies adalah tokoh perubahan dan perbaikan,” ujarnya.

AHY menegaskan pentingnya finalisasi koalisi untuk menjawab pertanyaan masyarakat dan konstituen dari ketiga partai politik tersebut.

“Hasil keliling saya ke berbagai daerah, banyak masyarakat yang bertanya-tanya kapan Koalisi Perubahan ini terbentuk,” kata AHY.

Untuk itu, menurut AHY, yang harus segera dilakukan adalah pertemuan ketiga ketua umum untuk membentuk Sekretariat Perubahan. Dalam pertemuan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman agar memenuhi syarat kecukupan presidential threshold 20%.



“MoU ini idealnya mengatur komitmen ketiga parpol untuk memperjuangkan harapan rakyat akan perubahan dan perbaikan, khususnya terkait masalah ekonomi, kesejahteraan sosial, keadilan, penegakan hukum, dan demokrasi, sekaligus memberi mandat kepada Bacapres untuk sesegera mungkin menentukan pasangannya,” jelas AHY.

Sebagaimana diketahui, Anies telah dideklarasikan Partai Nasdem sebagai capres 2024 bekpada 3 Oktober 2022 lalu. Sementara Demokrat mendorong AHY untuk menjadi cawapres Anies, PKS mengajukan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Ahmad Heryawan (Aher). Tim kecil yang dibentuk ketiga parpol diharapkan dapat menyelesaikan pembahasan pada Februari 2023.
(muh)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3227 seconds (10.177#12.26)