Dorong Potensi Pariwisata, Bakti Kominfo Bangun Fasilitas Internet di Daerah

Sabtu, 11 Juli 2020 - 17:26 WIB
Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo terus berupaya membangun fasilitas komunikasi guna mendorong potensi pariwisata di sejumlah daerah di Indonesia. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo terus berupaya membangun fasilitas komunikasi guna mendorong potensi pariwisata di sejumlah daerah di Indonesia.

Pasalnya, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia serta beberapa negara lainnya, membuat internet berkembang begitu pesat. Bahkan telah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari mengingat aktivitas masyarakat yang tidak bisa terlepas dari dunia digital. (Baca juga: Tempat Wisata di Nusa Penida Akan Dibuka dengan Terapkan Protokol Kesehatan)

”Dengan telekomunikasi, tidak ada lagi batasan ruang baik di desa atau pun di daerah terpencil lainnya. Saat ini Bakti sedang mendorong layanan komunikasi di Indonesia agar tersebar secara menyeluruh dan sama,” Direktur LTIMP Bakti Kominfo Danny Januar Ismawan, saat acara Indonesia Digital Content Week 2020 yang digelar Sobat Cyber Indonesia, Jumat, 10 Juli 2020. (Baca juga: Pemerintah Mulai Garap 10 Desa Wisata di Danau Toba)

Menurut dia, Bakti Kominfo memiliki visi menjembatani kesenjangan digital untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Sedangkan, misinya memberikan layanan kewajiban pelayanan universal yang berkualitas dan tepat sasaran dalam rangka mengatasi kesenjangan digital di Indonesia. ”Akses telekomunikasi yang belum dijamah semoga dapat segera terpublikasikan dengan adanya internet. Peluang-peluang sektor di pariwisata pun sudah mulai terbuka lebar dengan adanya akses internet,” kata dia.

Saat ini, pihaknya tengah mencanangkan program Daya Maya yakni, program yang membina generasi milenial yang memiliki hati di dunia pengembangan ekosistem digital dengan bertujuan menginovasi daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar). (Baca juga info grafis: Menggerakkan Ekonomi dengan Mengaktifkan Industri Pariwisata)



”Dengan hadirnya telekomunikasi, ini dapat menjadi pemberdayaan seluruh masyarakat bersama-sama. Daerah terisolasi dan blank spot sedang diperhatikan oleh pemerintah agar bisa melakukan jaringan secara mandiri. Partisipasi dari masyarakat sangat diperlukan untuk pengembagan jaringan internet saat ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Sobat Cyber Indonesia Virna Lim mengatakan ketika akses internet terbangun di suatu wilayah tentu membutuhkan literasi digital yang baik, agar pemanfaatan internet berdampak positif bagi masyarakat Indonesia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(cip)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More