Hebat! Ayah dan Anak Lulusan Terbaik Akmil, Raih Adhi Makayasa serta Tri Sakti Wiratama

Sabtu, 03 Desember 2022 - 06:07 WIB
Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi lulusan terbaik Akmil. Foto/istimewa
JAKARTA - Akademi Militer (Akmil) merupakan lembaga pendidikan TNI Angkatan Darat (AD) dan Sekolah Perwira (Sepa) Prajurit Karier (PK) TNI yang berada di Kota Magelang, Jawa Tengah.

Sejak didirikan pada 11 November 1945, sudah puluhan ribu prajurit TNI yang ditempa di kawah candradimuka Lembah Tidar. Tidak sedikit dari prajurit-prajurit muda yang lulus dengan predikat terbaik sehingga meraih penghargaan Adhi Makayasa dan dan Tri Sakti Wiratama.

Adhi Makayasa adalah penghargaan kepada lulusan terbaik TNI-Polri. Untuk TNI terbagi dalam tiga matra yakni, matra darat dari Akademi Militer (Akmil) Magelang, matra laut dari Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya, dan matra udara dari Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta. Sedangkan Tri Sakti Wiratama merupakan prestasi tertinggi gabungan mental, fisik, dan kecerdasan intelektual.



Tidak mudah untuk mendapatkan kedua penghargaan tersebut. Hanya mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek akademis, jasmani, dan kepribadian (mental) yang bisa memperoleh Adhi Makayasa. Penganugerahan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama biasanya diberikan secara langsung oleh Presiden.



Baca Juga: AHY, Perwira Berprestasi yang Memilih Terjun ke Dunia Politik



Menariknya, dari puluhan ribu lulusan Akmil, ada nama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ya, ayah dan anak ini tercatat pernah menorehkan tinta emas saat mengikuti pendidikan di Akmil sebagai lulusan terbaik sekaligus peraih Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama. Prestasi yang hingga kini sulit ditandingi di matra Angkatan Darat.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More