Antisipasi Kepadatan, Jamaah Haji Indonesia Dibagi Dua Sesi Lempar Jumrah

Rabu, 22 Juni 2022 - 18:41 WIB
Pemerintah Indonesia membagi proses pelemparan jumrah jamaah haji Indonesia dalam dua sesi. Hal ini dikatakan oleh Ketua PPIH Arab Saudi, Arsad Hidayat. Foto/Ilustrasi/REUTERS
JAKARTA - Pemerintah Indonesia membagi proses pelemparan jumrah jamaah haji Indonesia dalam dua sesi. Hal ini dikatakan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Arsad Hidayat.

Pembagian ini dilakukan guna mengurai kepadatan jamaah haji Indonesia saat menjalankan ibadah haji 1443H/2022M. Dari 100.051 jamaah haji Indonesia, di antaranya akan melempar jumrah pada pukul 00.00-07.00 WIS.

Baca juga: Perbedaan Antara Rukun Haji dan Wajib Haji

"Pihak kita mungkin akan diberikan waktu melontar itu semenjak dari pertengahan malam sampai pukul 07.00 pagi untuk 50% dari jamaah kita," ujar Arsyad dikutip dalam keterangannya, Rabu (22/6/2022).

"Nah sisanya nanti akan diberikan jadwal pada saat pukul 4 sore atau 5 sore sampai pukul 9 malam," tambahnya.



Arsyad menyampaikan, dua waktu itu baik pagi maupun duha, seringkali digunakan jamaah haji untuk melaksanakan pelemparan jumrah. Walaupun demikian kata Arsyad, perlu dihindari agar tidak terjadi penumpukan di waktu-waktu itu.

Dia mengatakan, dua sesi pelemparan jumrah itu telah diajukan pemerintah Indonesia kepada otoritas Arab Saudi. Dengan harapan agar jamaah haji asal Indonesia tidak kelelahan terutama untuk menghindari suhu udara yang cukup panas pada siang hari di Arab Saudi.

Pemilihan jadwal lempar jumrah pada pukul tersebut karena mempertimbangkan cuaca yang relatif adem dibandingkan lempar jumrah pada siang hari.

Sementara itu, pada pukul 08.00 sampai 12.00 siang akan diambil dari beberapa jamaah negara lain yang memiliki fisik lebih kuat.

"Tapi intinya kita tahu betul bahwa kondisi kita ini boleh dikatakan banyak dan tidak sedikit yang mereka kondisi fisiknya mungkin tidak fit, maka dpilih waktu yang nyaman," ujar Arsad.

Diketahui, jamaah haji Indonesia dijadwalkan akan melakukan prosesi pelemparan jumrah di Mina. Usai melaksanakan berbagai rangkaian ibadah di Arafah.

Lempar jumrah menjadi titik krusial dalam pelaksanaan ibadah haji, hal ini tidak terlepas dari tragedi yang terjadi sebelumnya di terowongan Mina.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More