BMKG Deteksi Siklon Tropis Malaka, Berikut Wilayah yang Akan Diguyur Hujan

Selasa, 12 April 2022 - 06:07 WIB
Seorang wanita tengah berjalan sambil memakai payung di tengah guyuran hujan deras. Foto: Dok/SINDOnews
JAKARTAB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) menginformasikan mengenai siklon tropis Malaka yang berada di Samudera Pasifik, Timur Laut Filipina yang mempengaruhi pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah Indonesia. Oleh karena itu, hampir seluruh wilayah di Indonesia berpotensi akan diguyur hujan pada Selasa (12/4/2022).

“Saat ini siklon tropis Malaka berada di Samudra Pasifik, Timur Laut Filipina yang menginduksi low level jet yang memanjang dari Filipina bagian selatan hingga Samudra Pasifik, timur Filipina. Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet tersebut,” kata Prakirawan BMKG Hasalika Nurjanah dalam akun resmi BMKG, Selasa (12/4/2022).

Hasalika menjelaskan, daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, dari Sumatera Barat hingga Riau, dari Sumatera Selatan hingga Jambi, di wilayah Kalimantan bagian utara, Sulawesi bagian tengah, Sulawesi Tenggara bagian selatan, dari Maluku hingga Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, dan Papua hingga Maluku bagian Tenggara.

“Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” terangnya.

Kemudian, Hasalika menjelaskan, prakiraan cuaca di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk wilayah Sumatera, diperkirakan sebagian besar wilayah Sumatera akan mengalami hujan dengan intensitas ringan, kecuali untuk Banda Aceh, Padang dan Bengkulu yang diperkirakan akan berawan.



Untuk wilayah Tanjung Pinang, diprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang. Kemudian, Pekanbaru dan Pangkal Pinang diperkirakan akan terjadi hujan yang dapat disertai dengan kilat juga petir.

Bergeser ke wilayah Jawa, sambung Hasalika, untuk wilayah Serang, DKI Jakarta dan juga Bandung diprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Yogyakarta diprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang. Semarang diprakirakan akan berawan, dan Surabaya diprakirakan akan cerah berawan.

Beralih ke wilayah Kalimantan, dia melanjutkan, perlu diwaspadai bagi yang berada di wilayah Pontianak diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang. Palangkaraya esok diprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan, Banjarmasin diprakirakan akan berawan, serta Tanjung Selor dan Samarinda diprakirakan akan terjadi hujan yang dapat disertai dengan kilat maupun petir.

Kemudian ke wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Mataram diprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang, sedangkan Denpasar dan Kupang diprakirakan akan cerah berawan. Untuk Sulawesi, diprakirakan cerah berawan di Manado dan juga Mamuju. Sedangkan di Palu perlu diwaspadai akan hujan dengan intensitas ringan. Gorontalo, Makassar dan Kendari diprakirakan akan berawan.

Dan yang terakhir, untuk wilayah Indonesia bagian timur akan terjadinya hujan dengan intensitas ringan di wilayah Ambon, Ternate dan juga Jayapura.

“Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian kami mengimbau sobat untuk selalu memperbarui informasi cuaca dari BMKG,” tutup Hasalika.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More