Makna Kata Hilal di KBBI

Jum'at, 01 April 2022 - 22:01 WIB
Tim Hilal BMKG mengamati matahari terbenam menggunakan teleskop saat melakukan pemantauan hilal di Dermaga Hati, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, 12 April 2021. Foto/Dok SINDOnews
JAKARTA - Kata hilal banyak dibicarakan orang setiap jelang Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha. Bahkan, akun Instagram @badanbahasakemendikbud pada Jumat (1/4/2022) ini menampilkan kata hilal sebagai #Kata Pekan Ini.

Lalu, apa makna kata hilal? Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hilal termasuk nomina atau kata benda. Makna kata hilal adalah bulan sabit; bulan yang terbit pada tanggal satu bulan Kamariah.

Sementara, kamariah bermakna 1 berkenaan dengan bulan; 2 dihitung menurut peredaran bulan (tentang kalender, penanggalan).

Diketahui, pemerintah menetapkan awal Ramadhan 1443 H jatuh pada Minggu, 3 April 2022. Keputusan ini disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam telekonferensi pers Sidang Isbat Awal Ramadhan 1443 H di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (1/4/2022).





Menag menyatakan bahwa tadi menjelang Magrib Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag, Profesor H Thomas Djamaluddin telah menyampaikan bahwa ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,6 menit. Semuanya perukyat juga melaporkan tidak melihat hilal.

"Secara mufakat bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriyah jatuh pada hari Ahad, 3 April 2022 Masehi," kata Menag Yaqut, Jumat (1/4/2022).

Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag, Profesor H Thomas Djamaluddin memaparkan secara astronomis, posisi hilal di Indonesia pada saat Magrib, 1 April 2022 masih berada di bawah kriteria baru MABIMS yang ditetapkan pada 2021, sehingga kemungkinan tidak dapat teramati.

"Di Indonesia, posisi hilal awal Ramadan 1443 H terlalu rendah sehingga hilal yang sangat tipis tidak mungkin mengalahkan cahaya syafak (senja), sehingga kemungkinan tidak terlihat," kata Thomas.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More