Ini Dia 6 Kota Bersejarah Paling Tua di Indonesia

Minggu, 30 Januari 2022 - 07:25 WIB
Sejumlah kota usianya jauh lebih tua dari Republik Indonesia. Foto/dok.SINDOnews
JAKARTA - Jauh sebelum menjadi sebuah negara bernama Indonesia, di Kepulauan Nusantara sudah berdiri kerajaan-kerajaan yang jejaknya masih bisa dilihat di sejumlah kota yang usianya jauh lebih tua dari pada Republik Indonesia. Bukan saja mengasyikkan, mengunjungi kota-kota tua di Indonesia juga mampu menambah informasi-informasi berharga mengenai sejarah di masa lalu. Berikut enam kota tertua di Indonesia berdasarkan hari jadi resmi yang ditetapkan pemerintah setempat.

1. Kota Palembang



Jembatan Ampera, salah satu ikon Kota Palembang. Foto/dok.SINDOnews

Kota Palembang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan dan menjadi kota tertua di Indonesia. Di kota inilah Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-7 dulu berpusat. Bukti keberadaan Kota Palembang pada abad ketujuh adalah Prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang, sebelah barat Kota Palembang.



Palembang dibentuk sebagai wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada 16 Juni 682 Masehi. Tanggal itu pun ditetapkan sebagai hari jadi Kota Palembang yang kini telah berusia 1.339 tahun. Selain Jembatan Ampera yang menjadi ikon, Palembang berkembang pesat dengan berdirinya beberapa kampus negeri seperti Universitas Sriwijaya dan Politeknik Negeri Sriwijaya.



2. Kota Salatiga

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More