Langkah yang Harus Dilakukan Saat Gempa: Segera Keluar Ruangan, Jangan Gunakan Lift

Jum'at, 14 Januari 2022 - 17:34 WIB
Karyawan di sebuah perkantoran di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, menuruni tangga saat gempa mengguncang, Jumat (14/1/2022) sore. Foto/MPI/Aldhi Chandra
JAKARTA - Saat gempa mengguncang, kepanikan pasti kita rasakan. Demi terhindar dari bahaya saat gempa, sejumlah langkah ini bisa kita lakukan ketika gempa mengguncang.

Dikutip dari infografis yang diunggah di akun Instagram @dkijakarta, Jumat (14/1/2022), ada sejumlah hal yang harus kita lakukan saat gempa mengguncang. Infografis tersebut bersumber dari BPBD DKI Jakarta.

Dalam infografis tersebut disebutkan sejumlah tips. Jika sedang berada di ruangan, langkah yang harus dilakukan adalah segera keluar dari ruangan, berlindung di bawah meja yang kuat, menjauh dari benda yang mudah jatuh dan pecah, serta jangan menggunakan lift. Gunakan jalur evakuasi.



Sementara, jika saat gempa mengguncang kita sedang berada di luar ruangan, langkah yang bisa dilakukan adalah menjauh dari bangunan, tiang listrik, papan reklame, dan jembatan.



Bila sedang berada di gunung, segera menjauh dari jurang dan lereng. Sementara, jika sedang berada di pantai, segera menjauh dari laut terutama jika air laut surut tiba-tiba.

Diketahui, gempa dengan kekuatan 6.7 SR terjadi pada 14 Januari 2022 pukul 16.05.41 WIB. Lokasi gempa 52 km BaratDaya Sumur, Banten,. Kedalaman 10 Km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(zik)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More